Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, November 14, 2010

MQ Pagi 13 Nopember 2010

Sunday, November 14, 2010
Materi: Cerdas menghadapi ujian Allah

Ringkasan Materi:
Setiap diri akan diuji oleh Allah dengan cobaan atau kondisi yang tidak menyenangkan. Kadangkala kita terjebak mendramatisir keadaan sulit itu sehingga melupakan hikmah dan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan pada kondisi tersebut. Sesunguhnya setiap ujian yang ditimpakan Allah adalah sebuah kebaikan karena dapat menggugurkan dosa atau mengangkat derajat kita.

Beberapa langkah yang seharusnya kita lakukan saat menghadapi cobaan adalah sebagai berikut :
1) Ingatlah semua kondisi sulit yang kita hadapi sebelumnya dan bagaimana kita bisa lolos darinya melalui pertolongan Allah.
Kita perlu mengingat ujian dan cobaan sebelumnya sehingga dapat menyadari bahwa pertolongan Allah yang membuat masalah itu bisa kita lalui adalah sebuah karunia. Karunia itu tidak boleh dianggap biasa dan harus selalu disyukuri.

2) Ketika tiba episode cobaan itu, maka JALANI SAJA DENGAN SABAR.
Ingatlah bahwa setiap ujian yang ditimpakan sudah diukur oleh Allah, Dzat yang paling mengetahui kemampuan kita melebihi pengetahuan kita sendiri. Allah yang menciptakan tentunya lebih paham apa yang mampu kita pikul. Jika kita sabar, Allah yang akan meringankan hati dan mengganti kesulitan tersebut dengan kemudahan.

3) Setelah cobaan berlalu, kita harus TAFAKUR atas apa yang telah terjadi.
Luangkan waktu untuk tafakur dan introspeksi kesalahan-kesalahan kita yang mungkin mengundang ujian tersebut. Setelah itu, bertaubat dan tidak mengulanginya lagi. Dengan cara seperti ini, ujian yang datang menjadi jalan kita menjadi manusia yang lebih baik.

Rumus CSB juga dapat dilakukan pada saat kita menghadapi cobaan yaitu : Cepat kembalikan segala urusan pada Allah, Sering-seringlah mengingat Allah, serta Bulat dan yakin akan pertolongan Allah. Dengan sikap seperti ini, Allah akan nyamankan hati kita dan Allah ganti kesulitan dengan keberkahan, keselamatan, serta tuntunan dan petunjuk. Sebaliknya, janganlah fokus pada masalahnya dan bersikap tidak ridha akan ketetapannya karena sikap seperti itu justru akan membuat masalah yang ada semakin menekan karena tidak disakinahkannya hati kita. Naudzubillah. (dicopas dari sini)

wallahu alam

materi audio: download disini

blog comments powered by Disqus