Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Friday, November 5, 2010

MQ Pagi 2 Nopember 2010

Friday, November 5, 2010
Materi: Menyempurnakan syukur

Ringkasan Materi:
Saat ini kita sedang terkepung berbagai bencana, baik bencana alam yang tiada henti juga bencana sosial berupa bentrokan di mana-mana. Berbagai bencana yang menimpa tersebut harus disikapi dengan sikap yang benar dan sebaik-baiknya. Pada prinsipnya sikap yang baik dalam menghadapi bencana adalah dengan bersabar. Sabar yang dimaksudkan memiliki beberapa arti yaitu antara lain :
  • Menyadari bahwa semua yang terjadi adalah takdir Allah yang sudah ditetapkan dan harus diterima. Allah adalah pemilik kita mahluk-mahluknya sehingga Dia yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita sehingga berprasangka baik-lah terhadap apapun yang sudah ditakdirkan oleh Allah.
  • Tidak menjadi stress dan tetap menjaga kepala dingin serta rasa optimis bahwa diantara kesulitan pasti disertai dengan kemudahan. Keyakinan adanya kemudahan di setiap permasalahan yang menerpa membantu kita tetap tenang dan optimis dan jauh dari rasa stress serta putus asa.
  • Berpikir keras mencari jalan keluar dari masalah yang menghadang. Manusia diciptakan dengan akal sehingga menjadi tugasnya untuk berpikir berikhtiar mencari jalan keluar.
  • Bertekad untuk mencegah dan tidak melakukan lagi perbuatan yang ditengarai menjadi penyebab dari permasalahan dan bencana yang menghadang saat ini. Jika bencana banjir di Jakarta misalnya diperkirakan akibat ulah membuang sampah sembarangan, maka mulai lah dari diri sendiri untuk disiplin membuang sampah ditempatnya. Jika banjir bandang di daerah-daerah tertentu akibat pembalakan hutan maka dengan apapun kapasitas kita sebagai pemerintah, atau rakyat, atau tenaga ahli sedapat mungkin member kontribusi yang sesuai.
Jangan lupa di tengah bencana yang menghadang kita masih berlumur nikmat Allah. Kita masih diberi panjang umur, kehidupan dengan kesehatan yang baik, memiliki pekerjaan dan berpenghasilan, dan banyak hal lain yang tidak pantas kita lupakan. Dengan mengingat nikmat Allah maka kewajiban bersyukur menjadi lebih banyak. Jangan terjebak menjadi pribadi kufur nikmat karena bencana beruntun yang terpaksa dialami, pintar-pintar lah untuk terus mencari nikmat Allah di dalam situasi apapun

Lalu apakah yang harus dilakukan untuk menyempurnakan rasa syukur kita kepada Allah??? Sebenarnya inti dari kegiatan menyempurnakan syukur adalah dengan beribadah kepada Allah. Semakin mendekat kita kepada Allah dengan melakukan berbagai ragam ibadah maka akan semakin tinggi nilai syukur kita kepada-Nya. (dicopas dari sini)

wallahu alam

materi audio: download disini


blog comments powered by Disqus