Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Wednesday, November 10, 2010

MQ Pagi 9 Nopember 2010

Wednesday, November 10, 2010
Materi: Pentingnya menjaga kesehatan mental

Ringkasan Materi:
Rasulullah SAW memiliki fisik yang kuat, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Rasulullah sungguh tidak menyukai berlebih-lebihan. Dalam pola hidupnya, beliau selalu ridho di setiap kondisi dengan berdzikir untuk selalu mengingat Allah dan haqqul yakin bahwa setiap kondisi, Allah yang menggenggamnya. Semua yang dilakukan Rasulullah ini adalah untuk menangkal penyakit baik itu fisik maupun penyakit hati atau bahkan pikiran. Stres adalah salah satu penyakit yang ditimbulkan karena lambat meyakini bahwa semua adalah kekuasaan Allah. Dalam situasi ini yang dibutuhkan adalah ketenangan dan ketenangan hanya dapat diperoleh dengan berdzikir.

Semua episode yang kita alami adalah bagian dari episode hidup yang harus dijalani meskipun sepahit apapun. Optimis adalah penyemangat kita dalam hidup dan selalu berkhusnudzon kepada Allah bahwa pertolongan Allah pasti tidak meleset. Disinilah ujian sesungguhnya bahwa akan terlihat jelas perbedaan orang yang optimis dengan pesimis. Dalam Q.S Al-Insyirah (94) ayat 5-6 yang berbunyi:
“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”
Allah SWT menekankan sampai dua kali dalam surat tersebut bahwa bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Inilah bagian penting dari menjaga kesehatan terutama secara mental agar kita menjadi sangat tenang, memiliki hati dan pikiran yang bersih. Orang yang mementingkan duniawi maka hidupnya rentan dengan penyakit seperti dengki, iri, dan sebagainya. Cinta dunia akan merugikan diri sendiri, semua penyakit mental ini akan menguras pikiran, tenaga, dan hati.

Kesehatan adalah karunia Allah dan harus disadari bahwa tubuh ini titipan Allah yang harus dijaga. Untuk itu perlakukanlah tubuh kita dengan baik lahir maupun batin sehingga bermanfaat untuk orang lain dan makin mendekatkan kita kepada Allah SWT.(dicopas dari sini)

wallahu alam

materi audio: download disini

blog comments powered by Disqus