Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Friday, November 5, 2010

MQ Pagi 3 Nopember 2010

Friday, November 5, 2010
Materi: Kisah ibunda Halimatussa'diah

Ringkasan Materi:
Salah satu tokoh wanita muslimah pada zaman Rasulullah SAW adalah ibunda Halimatussa’diah. Beliau adalah ibu susuan dari Rasulullah SAW. Tidak hanya rasulullah saja yang menjadikan ibunda Halimatussa’diah menjadi ibu susuannya, ada Hamzah yaitu paman Rasulullah dan salah satu sepupu Rasulullah SAW.

Dahulu, pada saat kota Mekkah mengalami kemarau yang buruk sehingga kondisi ekonomi pun ikut memburuk, wanita-wanita Bani Baker keluar rumah untuk mencari tambahan nafkah dengan mencari bayi susuan. Awalnya Halimatussa’diah menolak menyusui Rasulullah SAW karena anak yatim sehingga upahnya nanti tidak sesuai yang diharapkan. Namun, ternyata di antara wanita-wanita bani baker hanya Halimatussa’diah yang belum mendapat bayi susuan sehingga akhirnya menerima Muhammad dan mengharap mendapat berkah darinya. Setelah Halimatussa’diah menerima Muhammad, banyak hal-hal menakjubkan terjadi, yaitu:
  • Tiba-tiba ASI dari Halimatussa’diah keluar sangat banyak, bahkan anak kandungnya dapat tidur pulas tidak seperti biasanya.
  • Unta yang digunakan oleh suami Halimatussa’diah pada saat Halimatussa’diah mencari bayi susuan, menjadi sangat kuat dan mengeluarkan susu yang sangat banyak sehingga menjadi bekal perajlanan.
  • Tanah dan tumbuhan tempat tinggal bani baker menjadi subur
Halimatussa’diah menjadi sangat sayang kepada Rasulullah SAW dan enggan untuk berpisah ketika masa menyapih 2 tahun telah berakhir. Akhirnya Siti Aminah mengizinkan Halimatussa’diah untuk membawanya kembali untuk menjadi ibu asuhnya.

Ada peristiwa yang terjadi di saat itu ketika anak kandung dari Halimatussa’diah tiba-tiba terbirit-birit dan menceritakan bahwa Muhammad SAW dibawa oleh 2 orang berjubah putih lalu menyembelih perut Muhammad. Halimatussa’diah sangat khawatir dengan yang dialami oleh Muhammad SAW dan pada usia 5 tahun Muhammad SAW dikembalikan kepada ibundanya. Ibunda Rasulullah sangat meyakini bahwa Muhammad bukanlah anak biasa karena tanda-tanda nya sudah diperlihatkan dari masa kehamilan.

Ibrah atau hikmah yang diambil dari kisah Halimatussa’diah ini mengingatkan para wanita khususnya tentang pentingnya menyusui. Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 233 Allah berpesan kepada para ibu untuk menyusukan anaknya selama dua tahun penuh. Padas surat dan ayat lainnya, yaitu Q.S At-Thalaq (65) ayat 6 Allah SWT berpesan bahwa begitu pentingnya menyusui sehingga apabila seorang ibu tidak mampu menghasilkan ASI maka perempuan lain boleh menyusukan anak itu. (dicopas dari sini)

wallahu alam

materi audio: tidak ada

blog comments powered by Disqus