Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, October 10, 2010

MQ Pagi 10 Oktober 2010

Sunday, October 10, 2010
Materi: Haji karena Allah

Ringkasan Materi:
Ibadah haji merupakan ibadah yang diperintahkan Allah SWT dan termasuk ibadah yang memerlukan persiapan fisik, materi, dan ruhani yang luar biasa. Dengan persiapan yang besar, pelaksanaan ibadah haji pun menjadi ibadah yang besar. Namun, terkadang ibadah yang besar ini menjadi kecil maknanya bagi orang-orang yang salah meniatkan atau memaknai ibadah hajinya. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mulai menyadari bahwa hal apapun, termasuk ibadah haji, harus kita lakukan semata-mata karena Allah SWT.

Saat pergi haji, kita boleh mengingat-ingat hal yang ada di tanah air. Seperti bisnis kita, harta kita, anak-anak kita, dll. Namun, tujuan mengingat hal tersebut adalah agar kita bisa berevaluasi, apakah kita mempunyai banyak salah dan dosa terkait hal tersebut. Apakah kita sudah cukup jujur dalam berbisnis? Apakah kita sudah bersedekah dengan harta kita? Apakah kita sudah menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak kita? Sehingga kita selalu memohon ampun kepada Allah SWT akan segala dosa kita.

Di hadapan Allah, kita tidak perlu malu (bahkan harus) mengakui kesalahan-kesalahan kita selama ini. Sejatinya, tak ada manusia yang luput dari dosa. Pun, kita sadar kita tidak ada apa-apanya di hadapan Allah, dan tak ada yang bisa mengampuni kita selain Allah SWT.

Karena bagi Allah SWT, tak ada hal yang sulit. Ia sudah mengatur sedemikian rupa takdir bagi hamba-hamba Nya, dan tidak ada takdirNya yang bisa tertukar. Rezeki, maut, jodoh, semua sudah diatur dan kita tidak perlu takut ada yang tertukar dengan orang lain. Keyakinan seperti inilah yang bisa membuat hati kita tenang dalam menjalani hidup.

Ketika pulang dari ibadah haji, sejatinya ada perubahan dalam diri kita. Namun, perubahan yang dimaksud bukan hanya perubahan penampilan, fisik, ucapan, atau hal-hal simbolis lainnya, melainkan lebih besar dari itu yakni hati kita yang berubah menjadi lebih baik dan lebih dekat dengan-Nya.

Berhaji karena Allah, maka kita haruslah selalu berdoa agar Allah SWT membukakan mata hati kita. Karena apabila Allah SWT telah membuka hati kita, maka hati tidak akan menjadi galau atau dipenuhi ketakutan, satu-satunya ketakutan yang ada hanyalah ketakutan akan tidak disukai oleh Allah SWT..(dicopas dari sini)

wallahu alam

materi audio: tidak ada

blog comments powered by Disqus