Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, October 17, 2010

MQ Pagi 15 Oktober 2010

Sunday, October 17, 2010
Materi: Tubuh adalah dokter terbaik

Ringkasan Materi:
Tubuh ini didesain oleh Allah SWT sebagai dokter, tapi karena kita tidak tau maka kita sering mendzolimi tubuh kita dengan tidak menjaganya. Tubuh kita akan memberi tanda-tanda jika akan sakit antara lain jika kita sudah kehilangan selera makan, pusing, mual dan lain sebagainya. Untuk itu hargailah tubuh kita karena kesehatan tubuh itu mahal harganya.

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita, antara lain :
  1. Makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang
  2. Biasakan sarapan pagi dengan nasi dan buah-buahan
  3. Kalau makan kunyahlah makanan tersebut 33 kali sampai lumat untuk menjaga lambung kita agar tidak terlalu cape untuk mengolah makanan
  4. Kalau minum tidak sambil berdiri agar minuman tersebut turun dengan pelan-pelan sesuai kapasitasnya
  5. Makan dengan 3 jari dan dengan tangan kanan
  6. Puasa
Allah telah menciptakan tubuh kita dengan berbagai macam gerbang pertahanan agar terhindar dari kuman dan bakteri yang mengganggu pencernaan, misalnya :
  • Dimulut terdapat enzim Amilase untuk melunakkan dan memonitor kuman yang masuk
  • Jika masih ada kuman yang mau masuk terdapat gerbang pertahanan tubuh lainnya yaitu amandel. Amandel dirancang Allah agar tidak cepat sakit tapi kita harus tau cara menjaganya yaitu dengan mengindari minum air es, mengurangi makan gorengan atau makanan berminyak dan juga mengurangi makanan pedas
  • Selanjutnya masih banyak gerbang-gerbang pertahanan tubuh lainnya yang diciptakan Allah untuk melawan penyakit yang akan masuk
Sehat tidaknya tubuh ditentukan dari sehat tidaknya pencernaan sebagai mesin pengolah makanan, jika pencernaan baik maka nutrisi yang masuk pada pencernaan akan terserap dengan baik, dan yang tidak terserap akan keluar kembali. Tetapi jika pencernaan kita tidak dijaga dan dia menjadi cape maka nutrisi tersebut tidak akan terserap dengan baik.

Kalau sayang dengan tubuh kita maka harus kenal dengan tubuh kita, jangan selalu memanjakan lidah kita hanya demi kenikmatan sesaat.(dicopas dari sini)

wallahu alam

materi audio: download disini


blog comments powered by Disqus