Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Wednesday, October 13, 2010

MQ Pagi 13 Oktober 2010

Wednesday, October 13, 2010
Pemateri: Ustadzah Erika Suryani Dewi, Lc
Materi: Khusnul muamalah

Ringkasan Materi:
Saat ini kita telah berada di bulan Zulqa'dah, salah satu bulan yang disucikan Allah SWT. Dalam bulan suci ini, kita dianjurkan untuk memperbanyak Khusnul Muamalah (interaksi yang baik) mengingat dalam kehidupan ini selalu dipenuhi dengan interaksi dengan berbagai kalangan. Akhlaq yang baik merupakan cermin baiknya keimanan seorang mukmin karena agama Islam berdasarkan pada interaksi baik interaksi dengan Allah (hablumminallah) maupun interaksi dengan manusia (hablumminannas).

Interaksi ini harus dilandasi dengan keikhlasan agar dapat mencapai tingkatan yang disebut Al Ihsan, yaitu suatu derajat yang menunjukkan tingkat keikhlasan beribadah kepada Allah bahwa seorang hamba beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, dan jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguh-Nya Dia melihatmu.

Dalam rangka meningkatkan dan memperbanyak khusnul muamalah ini, kita perlu memperhatikan beberapa sikap yang mungkin jarang kita cermati.

1. Menepati janji
Sebagaimana firman Allah SWT:
"Wahai orang orang yang beriman, penuhilah janji-janjimu" (QS. Al Maidah : 1).
Janji disini tidak hanya janji kepada sesama manusia namun juga janji setia setiap mukmin kepada Allah untuk melaksanakan semua peirntah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya.

2. Menghormati tetangga
Dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa baiknya amalan shalat, puasa dan shadaqah tidak dapat menjamin seseorang masuk surga ketika akhlaqnya buruk pada tetangganya.

3. Memenuhi hak orang tua dan anak
Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim bahwa seorang anak diwajibkan berbuat baik kepada orang tuanya, terutama kepada ibunya. Bahkan kebaikan kepada ibu tiga kali lebih besar dari pada kepada bapak. Orang tua juga wajib berbuat adil kepada anak-anaknya bahkan dalam hal pemberian sekalipun yang sering kita anggap sepele.

4. Berbuat baik dalam rumah tangga
Dalam kehidupan rumah tangga, suami istri harus dapat menjaga dan memenuhi hak-hak pasangannya masing-masing. Rasullulah bersabda,
“Nasihatilah perempuan dengan cara yang baik! Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik!”
5. Memenuhi hak atas diri sendiri
Sebagai mukmin, setiap pagi kita diwajibkan untuk menyedekahi 360 titik persendian tubuh kita. Shadaqah disini tidak hanya berupa materi namun dapat berupa non materi seperti shalat Dhuha, membantu orang lain, mengucapkan kalimat-kalimat thoyyibah (dzikir), langkah-langkah menuju masjid, atau menyingkirkan duri atau benda-benda berbahaya dari jalan.
Mulai saat ini, mari terapkan khusnul muamalah dalam kehidupan ini. Kita jauhi sifat-sifat kikir, dengki, rakus dan zalim yang terbukti telah sukses menghancurkan umat-umat sebelumnya. Sabda Rasulullah SAW,
“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlaq mulia.” (HR. Malik)
Semoga Allah SWT memudahkan langkah-langkah kita dalam ketaatan kepada-Nya dan mewarisi akhlaq yang baik dalam berinteraksi dengan sesama manusia terlebih dalam berinteraksi dengan Allah, karena kebersihan dan kemurnian iman tercermin dari akhlaq yang mulia. Amiin.(dicopas dari sini)

wallahu alam

materi audio: download disini

blog comments powered by Disqus