Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Thursday, October 21, 2010

MQ Pagi 21 Oktober 2010

Thursday, October 21, 2010
Materi: Muhasabah diri

Ringkasan Materi:
Kunci dari kelancaran menjalankan ibadah adalah hati yang bersih. Hati yang bersih dapat diperoleh jika kita rajin melakukan muhasabah. Muhasabah berasal dari kata hasibah yang artinya menghisab atau menghitung. Dalam penggunaan katanya, muhasabah diidentikkan dengan menilai diri sendiri atau mudahnya adalah mengevaluasi.

Dari Syadad bin Aus ra, dari Nabi Muhammad SAW, bahwa beliau berkata, ‘Orang yang pandai adalah orang yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah orang yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT.

Muhasabah dapat menyadarkan kita terhadap kesalahan diri. Jika diri sudah sadar akan kesalahan kemudian pintu tobat akan dibuka apabila kita bersungguh-sungguh bertaubat. Sepahit apapun penderitaan yang kita alami, teruslah instropeksi diri, jadikan kepahitan tersebut sebagai jalan untuk mendekatkan diri pada Alllah, sebagai jalan penghapus dosa, sebagai sarana dan lahan ibadah, serta jadikan momentum itu sebagai kesempatan untuk memperoleh sesuatu dari Allah.

Pasrahkan diri seratus persen pada Allah. Allah Sang pencipta, melimpahkan seluruh rahmat-Nya pada semua makhluk ciptaan-Nya. Rahmat adalah kasih sayang Allah yang diberikan pada semua. Kasih sayang Allah tentunya tak terbatas. Maka setiap kejadian, setiap kesempatan jadikan amal . Karena apapun yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai.(dicopas dari sini)

wallahu alam

materi audio: download disini

blog comments powered by Disqus