Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Monday, March 8, 2010

MQ Pagi 08 Maret 2010

Monday, March 8, 2010
Sesi I
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Meyakinkan dan Memantapkan Hati

Ringkasan Materi:
Yang paling mahal adalah sentosanya batin, kemarin saat berada di Singapura, tempatnya memang bersih dan rapi, orangnya banyak yang berkecukupan secara materi, tetapi tidak tenang, ini terlihat dari banyaknya orang yang pergi berekreasi kesana kemari. Lantas, dimanakah rasa tenang itu?
"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik." (QS. Ar Radu: 28-29)
Jadi kalau ingin bahagia, jangan lantas sibuk mengumpulkan uang, berebut jabatan dan kekuasaan, itu tidak ada hubungannya. Hanya dengan mengingat Allah hati ini menjadi tenang. Disamping banyak mengingat Allah, kita juga harus yakin, mantap didalam hati, tidak hanya sebatas ucapan dibibir, kalau cuma ucapan saja ya percuma.

Misalnya masalah rejeki, kalau sudah yakin, hidup bakal menjadi tenang, tidak ada rasa kuatir. Ada tidak adanya rejeki, tenang saja. Karena kita sudah yakin bahwa rejeki sudah dijatah dan tidak akan tertukar. Tidak akan adalagi korupsi, kecurangan, dan tindakan menyerobot hak orang lain.

Bagaimana menumbuhkan keyakinan?

Saat melihat saya ceramah dan memegang radio ini, anda yakin tidak? Coba sekarang anda tutup mata, sekarang anda yakin? Tentu tidak kan. Begitulah, keyakinan itu timbul karena kita melihat dengan jelas, berbeda dengan ketika mata kita tertutup. Hati itu ibarat cermin, bila cerminnya bening dan bersih, maka kita bisa melihat dengan baik, tetapi jika cermin itu kotor, maka dapat dipastikan pandangan kita akan kabur dan bahkan tidak dapat melihat. Hati yang sudah tertutup dosa dan maksiat gak bakal bisa 'melihat' dengan yakin, pasti tidak tenang.

Disetiap ujian yang ada, pasti dilengkapi dengan solusi. Seorang guru tidak akan membuat soal yang tidak ada jawabannya, mustahil itu. Dalam hidup ini, tidak ada masalah yang tidak terselesaikan. Lantas, kenapa ada yang stress? karena dia tidak melihat solusinya, seseorang yang terlalu fokus pada masalah, tidak akan mampu menemukan solusi, karena fokus dia ke masalah itu terus. Di setiap masalah yang ada, yakin saja ada solusinya, tinggal bagaimana kita mencari dan menemukannya di jalan yang diridhai oleh Allah. Bagaimana caranya agar bisa dengan mudah melihat solusi? dengan tobat, membersihkan hati, dan mendekat pada Allah.

Jadi, dzikir itu tidak semata-mata melafalkan nama Allah dilisan saja, tetapi lebih daripada itu juga mematrinya di hati. Yakin. Haqqul yakin.

Wallaahu a’lam bish-shawaab

blog comments powered by Disqus