Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Monday, March 22, 2010

MQ Pagi 23 Maret 2010

Monday, March 22, 2010
Sesi I
Pemateri: Ustadz Hilman Rosyad Shihab
Materi: Hikmah dibalik turunnya QS. Al Alaq 1-5

Ringkasan Materi:
Pengangkatan Muhammad saw sebagai Rasulullah di Gua Hira ditandai dengan diturunkannya Surat Al Alaq: 1-5
"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."
Dari ayat dalam surat ini ada beberapa pelajaran yang bisa diambil, diantaranya adalah bahwa kita harus mempertajam pemahaman terhadap islam. Disini Allah mengulangi perintah "Bacalah" sebanyak 2(dua) kali, ini merupakan pertanda agar kita senantiasa membaca setiap hal yang terjadi baik yang lahir maupun yang batin. Kata Iqra' dapat dimaknai membaca secara harfiah menggunakan mata lahir dan juga membaca secara batiniah menggunakan mata hati.

Dari ayat ini kita juga bisa menyimpulkan bahwa membaca adalah penting, dengan membaca kita akan mampu berkembang. Kalau kita telusuri, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini tidak luput dari peran umat Islam di masa lalu. Kemajuan bangsa Barat dewasa ini disebabkan karena perkembangan ilmu pengetahuan di dunia Islam, setelah para pemikir dan filosof di Yunani menghilang, dunia diliputi 'kegelapan'. 'Zaman Kegelapan' adalah masa dimana masyarakat Eropa menghadapi kemunduran intelektual dan kemandekan ilmu pengetahuan.

Kalau sekarang muncul berbagai stigma yang cenderung memojokkan Islam sebagai agama teroris dan anti kemajuan, ini tidak benar. Islam muncul dengan cahaya ilmu pengetahuan, mulai dari ilmu pengobatan, astronomi, politik, sains dan lain sebagainya. Islam adalah agama progresif yang maju kedepan. Islam adalah agama rasional, tidak membelenggu dan mencerahkan.

Keadaan umat Islam dewasa ini memang sedang terpojok dan cenderung tidak berkembang, hal ini dapat disikapi dengan mengasah diri dan hati untuk lebih dekat dengan Allah, setelah itu ajaklah orang lain agar dapat memahami Islam dengan lebih baik, sehingga komunitas ini dapat berkembang menjadi lebih besar dan kuat. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai berpecah belah.

Hikmah lain yang bisa diambil dari ayat ini adalah bahwa yang perlu diyakini bukanlah apa itu Allah, tetapi siapa Allah dan bagaimana cara kita dalam mensikapi keberadaan Allah.

Wallaahu a’lam bish-shawaab

blog comments powered by Disqus