Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Monday, September 6, 2010

MQ Pagi 05 September 2010

Monday, September 6, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Menghilangkan Ujub


Ringkasan Materi:

Memasuki hari-hari terakhir Ramadhan, kita perlu mengevaluasi penyakit-penyakit hati yang mungkin menempel pada diri kita. Salah satu yang rawan adalah penyakit ujub yang intinya adalah penyakit “merasa” yang tidak pada tempatnya. Merasa lebih tinggi, lebih baik, lebih shaleh, lebih banyak ibadahnya, lebih baik bacaan quran-nya, lebih suci, lebih diterima amalnya, dan lain-lain. Dengan merasa lebih itu, orang ujub menjadi meremehkan orang yang lain.

Kita memang harus untuk senantiasa menambah ilmu dan memperbanyak amal namun semua itu harus dibarengi dengan waspada atas ujub dan hanya berharap agar amal kita diterima oleh Allah SWT. Esensi ujub adalah merasa lebih spesial dan beda dari orang lain. Berbahayanya, orang yang ujub akan lebih sibuk memikirkan cara agar tetap spesial dan dikagumi orang lain sehingga lupa atas niat lillaahi ta’ala. Niat yang tidak karena Allah akan diganjar dengan dicabutnya ketenangan hati dari diri manusia tersebut. Itulah sebabnya orang yang ujub akan lebih gelisah, keras hati, mudah tersinggung dan marah.

Oleh karena itu, mari periksa hati dan periksa pula cacat atas amal-amal kita. Rumus untuk menghilangkan perasaan ujub adalah : Lakukan amal sebaik-baiknya kemudian lupakan. Ingatlah bahwa apapun amal yang kita lakukan sesungguhnya bukan karena kemampuan kita namun dimampukan dan merupakan karunia Allah SWT semata. Semoga kita semua terhindar dari perasaan ujub atas amal serta terbebas dari perasaan “merasa” yang berlebihan dan tidak pada tempatnya. Amiin ya Rabbal aalamiin. (dicopas dari disini)

Wallahu alam

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus