Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Friday, July 2, 2010

MQ Pagi 03 Juli 2010

Friday, July 2, 2010
Pemateri: Ustadz Shalahudin
Materi: Tips mendapat hidayah dan petunjuk Allah

Ringkasan Materi:
Memasuki akhir bulan Rajab yang artinya semakin mendekati Bulan Ramadhan tentu kita harus semakin giat mencari cara dalam mendapatkan hidayah dan petunjuk Allah SWT. Dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 183-188 dibahas hal-hal yang terkait dengan Shaum di Bulan Ramadhan dari mulai perintah untuk melakukannya, siapa saja yang wajib melaksanakan, apa saja yang mebatalkan, sampai dengan keringanan-keringanan yang ditetapkan oleh Allah. Sebenarnya jika diperhatikan, ada 1 ayat dalam rangkaian ayat-ayat tersebut yang tidak terkait secara langsung dengan Shaum Ramadhan namun lebih secara langsung bicara tentang hidayah dan petunjuk Allah secara umum. Ayat yang dimaksud adalah ayat 186 yang artinya :

“Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepadaKu. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-ku, agar mereka memperoleh kebenaran.”

Ayat ini dapat di¬-breakdown menjadi beberapa hal yang dapat menjadi tips bagaimanakah cara mendapatkan hidayah dan petunjuk dari Allah SWT ; yaitu :

1) Bertanya
Hal pertama yang menjadi cara untuk mendapatkan petunjuk adalah BERTANYA. Sederhana karena bertanya merupakan obat dari kebodohan dan ketidaktahuan. Oleh karena itu, bertanya harus dilakukan pada orang yang berpengetahuan. Jika dalam ayat di atas, disebutkan bertanya pada Rasulullah, maka di zaman sekarang (ketika Rasulullah sudah tidak ada bersama kita) bertanya dapat kita lakukan pada :
- Peninggalan Rasulullah
Yang dimaksud peninggalan Rasulullah adalah Kitab AlQuran dan Sunah Rasul (Hadist) yang merupakan 2 perkara yang jika kita berpegang teguh pada keduanya maka tidak akan tersesat. Jadi kalau kita ada yang tidak tahu tentang sesuatu, langkah pertama bukalah AlQuran dan Hadist.
- Pewaris Rasulullah
Yang dimaksud pewaris Rasulullah adalah para ulama dengan kapasitas keilmuan yang baik. Sehingga mengikuti majelis-majelis taklim adalah salah satu cara yang bijak dalam mencari petunjuk Allah.

2) Bergabung dengan kelompok hamba-hamba Allah
Agar mendapatkan petunjuk Allah, kita juga harus tergabung dalam kelompok hamba-hamba Allah. Bagaimana kriterianya?? AlQuran surat AlFurqan ayat 63 sampai ayat terakhir (77) menceritakan banyak tentang ciri-ciri orang yang menjadi hamba-hamba Allah. Ciri-cirinya antara lain : rendah hati, senang membalas kejahatan dengan sesuatu yang baik, rajin melakukan shalat di malam hari (qiyamul lail), takut pada neraka, dll.
Jadi jika kita ngin mendapatkan petunjuk Allah, kita harus berusaha agar kita dapat digolongkan sebagai hamba-hamba-Nya dengan melakukan hal-hal yang dicirikan dalam Surat AlFurqan tersebut.

3) Berdoa
Doa adalah perbuatan seorang hamba meminta kepada Allah agar Allah melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Berdoa menunjukkan penghambaan dan pengharapan kepada Allah sehingga sangat krusial dan penting. Ayat ini diletakkan di antara ayat-ayat yang membahas Shaum Ramadhan juga memberi isyarat betapa besar artinya untuk berdoa terutama di bulan Ramadhan.

4) Bersikap responsif dalam melakukan perintah Allah
Maksudnya untuk mendapatkan petunjuk, kita harus sungguh-sungguh dalam melakukan setiap perintah Allah dan bersikap responsif dengan cara tidak lalai/sembrono.

5) Beriman kepada Allah
Yang terakhir namun menjadi paling penting, jika kita menginginkan petunjuk Allah, hendaknya didasari dengan keimanan yang tebal sebab keimanan tersebut merupakan modal dasar sebuah amal shaleh. Amal shaleh yang dilakukan tanpa dasar keimanan diibaratkan debu yang berterbangan dengan sia-sia.
Demikian isyarat-isyarat yang disampaikan Allah dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 186, semoga kita tergolong dalam hamba-hambaNya yang selalu diberi hidayah dan petunjuk, Amiin. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus