Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Wednesday, July 7, 2010

MQ Pagi 08 Juli 2010

Wednesday, July 7, 2010
Materi: Makna keadilan

Ringkasan Materi:
“Dan jika kamu memutuskan perkara, maka putuskanlah perkara itu di antara mereka dengan adil, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.” (Q.S Al Maidah: 42)
Pengertian adil yang sesungguhnya bukan berarti membagi sama rata, tetapi menempatkan sesuatu pada tempatnya. Adil berarti keberanian dalam mengambil keputusan tanpa melibatkan perasaan. Jangan sampai karena kita merasa berhutang budi dengan seseorang membuat kita terperangkap tidak sanggup melihat kesalahan karena tertutup kebaikan. Begitu juga jangan sampai mengambil keputusan berdasarkan rasa kebencian yang bersemayam dalam hati kita.

Al Quran telah menjelaskan keadilan itu lebih dekat kepada takwa. Firman Allah SWT dalam Al Quran disebutkan,
“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi yang adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S Al Maidah: 8)
Salah satu kunci agar kita dapat menegakkan kebenaran dan keadilan adalah menghilangkan rasa takut pakhluk ciptaan Allah (misalnya karena hutang budi, karena jabatan yang lebih tinggi, harta yang lebih banyak, dan berbagai macam alasan yang membuat takut). Kunci kedua adalah dengan menjauhkan diri dari “cinta dunia”, sebab orang yang cinta dunia tidak akan dapat bersikap adil. Sesungguhnya kesemuanya itu sudah terdapat hukumnya di dalam Al Quran dan Sunah.

Semakin adil seseorang akan semakin dicintai Allah, dan cinta Allah akan mendatangkan, kemuliaan, izzah,dan harga diri. Sesungguhnya keadilan itu akan mendatangkan ketenangan dan akan banyak disukai meskipun terkadang keputusannya tidak sesuai dengan yang diinginkan. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

blog comments powered by Disqus