Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, July 18, 2010

MQ Pagi 18 Juli 2010

Sunday, July 18, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Indahnya dua sisi nilai gigih dalam islam

Ringkasan Materi:
Tadi malam diadakan puncak perayaan milad DT Jakarta di kebayoran baru. Dan sebagai puncak, seluruh elemen yang tergabung melakukan tafakur diri napak tilas perjalanan DT Jakarta yang dengan izin allah telah mencapai usia 10 tahun.

Sebenarnya inti dari suatu perayaan milad yang terpenting adalah fokus menemukan kesalahan yang masih harus diperbaiki, meskipun tidak dilarang juga mengenang keberhasilan yang didapatkan karena itu merupakan karunia Allah namun sangat rentan menjerumuskan kita pada perasaan memiliki, ujub, sombong dan takabur. Tiada satupun musibah yang datang kepada mahluk Allah selain sudah tertulis dalam ketetapan Allah agar kita tidak terlalu sedih apabila ada sesuatu yang luput dari hidup kita sekaligus juga tidak terlalu berbangga-bangga diri apabila mendapatkan karunia-Nya.

Inilah indahnya sisi nilai kehidupan dalam Islam. Kita diperintahkan untuk meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar.

Berusaha memancangkan niat setulus mungkin kemudian bekerja keras bahkan bersimbah keringat pada saat berikhtiar. Tapi ketika sudah menjadi suatu amalan atau keberhasilan, kita dituntut untuk segera mengganti channel dalam hati kita bahwa apapun karunia yang terjadi dalam hidup tidak lain datangnya dari Allah SWT. Jadi tidak ada tempat bagi diri kita untuk berbangga hati, mengclaim sebagai penyebab dari suatu keberhasilan, karena seluruh jalan yang diberikan tidak lain karena digerakan oleh Allah.

Di satu sisi kita harus gigih meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar, dan di sisi yang lain kita juga harus gigih mengakui bahwa seluruh keberhasilan dari ikhtiar tersebut tidak lain merupakan karunia Allah yang tidak sedikitpun datang karena kepintaran kita. Betapa indahnya nilai yang diajarkan Islam sehingga apabila kita mengikutinya dengan sungguh-sungguh, kita diarahkan Allah menjadi khalifah yang produktif, pekerja keras namun sekaligus seorang yang rendah hati dan bertawadhu’. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus