Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Tuesday, July 6, 2010

MQ Pagi 06 Juli 2010

Tuesday, July 6, 2010
Materi: Hakikat kebahagiaan

Ringkasan Materi:
Siapa pun kita pasti menginginkan kebahagiaan. Namun sebagian dari kita menganggap kebahagiaan dicapai dengan mengumpulkan harta yang banyak. Jika beberapa orang ditanya apakah dengan kekayaan yang berlimpah, kebahagiaan dapat dicapai? Maka akan banyak orang yang tidak bahagia karena itu. Bahkan kebahagiaan itu tidak dapat diperoleh dengan syahwat semata. Sesungguhnya kebahagiaan datang dari 2 perkara:
  1. Perasaan yang aman dengan kondisi kita. Sebaliknya perasaan tidak aman membuat kita takut dan linglung dan kondisi ini sangat jauh dari kebahagiaan.
  2. Menghilangkan hal-hal yang tidak membuat kita bahagia. Contohnya adalah kesedihan. Rasa aman yang kita rasakan namun hati kita terus menerus bersedih maka sesungguhnya kebahagiaan masih belum dapat kita rasakan.
Jadi sesungguhnya kebahagiaan datang dari keistiqomahan kita akan aturan Allah SWT. Dalam Q.S Al-Ahqaf (46) ayat 13 - 14 Allah menegaskan bahwa orang-orang yang istiqomah adalah orang-orang yang tidak pernah takut dan bersedih. Inilah sumber keberkahan yang sebenarnya. Orang-orang yang mendapat keberkahan selalu mengkaitkan segala sesuatunya dengan Allah. Orang-orang akan merasakan kebahagiaan dan ketentraman hati karena selalu istiqomah maka itulah cukup baginya balasan dari Allah SWT.

Selain itu, ridho terhadap apapun yang Allah tentukan juga merupakan sumber kebahagiaan. Oleh karena itu maka kebahagiaan terkait penting dengan keimanan seseorang. Rasulullah pernah menyampaikan bahwa ada 3 hal seorang manusia itu dapat merasakan lezat dan nikmatnya keimanan:
  1. Mencintai Allah dan Rasul Nya melebihi apa pun
  2. Mencintai orang lain karena Allah
  3. Membenci dan menghindari kekufuran
Ketiga hal inilah buah dari kebahagiaan. Dan rasa syukur seorang muslim atas kebahagiaan yang diperoleh dapat tercermin lewat sholatnya yang khusuk dan menjadikan sholat sebagai istirahatnya seperti yang diteladani oleh Rasulullah SAW. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

blog comments powered by Disqus