Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, July 11, 2010

MQ Pagi 11 Juli 2010

Sunday, July 11, 2010
Materi: Tauhid - Modal utama dalam hidup

Ringkasan Materi:
Rasulullah bersabda bahwa tujuan utamanya diutus di atas muka bumi adalah untuk menyempurnakan akhlak. Akhlak yang mulia sesungguhnya adalah efek dari tauhid yang bagus. Tauhid yang membuat seseorang merasa selalu ditatap oleh Allah sehingga sadar bahwa tidak ada yang luput dan lalai dari pengelihatan Allah, selalu merasa didengar oleh Allah sehingga setiap ucapannya terjaga, dan selalu merasa hatinya diketahui oleh Allah sehingga setiap lintasan hati terpelihara dari hal-hal yang tidak disukai Allah.

Orang yang ber-tauhid bagus memiliki banyak ciri-ciri yang dengan mudah terlihat, diantaranya :
• Bersifat ikhlas
Ikhlas merupakan prilaku yang sangat bergantung dengan kekuatan tauhid karena artinya melakukan sesuatu tanpa tujuan lain selain lillahi taala. Artinya orang yang ikhlas pastilah mengenal Allah dengan baik dan tidak bertujuan yang lain selain Tuhannya.

• Tidak licik
Bagaimana bisa seorang yang bertauhid baik bersikap licik pada orang lain jika ia mengetahui bahwa Allah lah yang membolak-balik hati dan mengetahui setiap lintasan hati.

• Tidak dengki
Orang yang memiliki tauhid yang baik tidak mendengki dengan nikmat yang diberikan Allah kepada yang lainnya karena mengetahui Allah maha adil dalam membagikan rezeki dan menetapkan setiap takdir sehingga tidak perlu merasa dengki atau iri pada orang lain.

• Tidak banyak mengeluh
Orang yang bertauhid kuat tidak banyak mengeluh karena mengetahui setiap peristiwa dan episode hidup adalah perbuatan Allah. Yang dilakukan setiap terlibat masalah justru memeriksa tauhidnya, apakah ada sandaran lain selain Allah.

• Tidak mengharap apapun dari manusia
Ciri lain yang penting orang yang kuat tauhidnya adalah selalu hanya mengharap ridha Allah. Orang-orang ini tidak menjilat, cari muka, ataupun cari perhatian pada orang lain karena mengetahui manusia hanyalah syariat namun hakikatnya semua dari Allah.

Bagaimana agar kita menjadi manusia yang bertauhid baik? Ada 3 tips yang bisa kita lakukan :
  1. Berniat ingin dekat dengan Allah memulai semuanya dari keinginan yang kuat dari diri sendiri
  2. Mencari ilmunya baik dapat lewat guru, kaset, majelis ilmu, dll
  3. Mujahadah sungguh-sungguh pada Allah dengan mengamalkan setiap ilmu yang dimiliki.
(dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

blog comments powered by Disqus