Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Monday, July 26, 2010

MQ Pagi 26 Juli 2010

Monday, July 26, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Mengobrol: Salah satu jalan dosa

Ringkasan Materi:
Selalu ada jalan/penyebab terjadinya suatu dosa. Bentuk taubat yang perlu dilakukan termasuk menyesali perbuatan kita, meminta ampun kepada Allah, serta mengevaluasi dosa yang telah kita perbuat. Evaluasi ini penting dilakukan agar kita dapat menutup jalan dosa tersebut.

Salah satu sumber dosa adalah mengobrol. Jika tidak hati-hati, mengobrol dapat mengantar pada riya’ akan ilmu, harta, pengalaman dan lain-lain, bisa membuat kita ujub ketika merasa lebih dari orang yang kita ajak bicara, ataupun sifat-sifat lainnya seperti dengki, ghibah, bahkan mengarah ke sumber fitnah. Hal ini merusak nilai pahala kita.

Na’udzubillahi min dzalik.

Maka, sangat perlu bagi kita untuk memahami tauhid.
Q.S. Mujadillah : 7 yang artinya “Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi? Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah yang keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah yang keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara (jumlah) yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia ada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Nanti pada hari kiamat pun Dia akan mengungkap semua yang telah kita perbuat.

Jauh lebih baik dianggap pendiam, bodoh, ataupun kuper oleh manusia lain daripada dimurkai Allah karena omongan-omongan kita. Pun jauh lebih baik lebih sedikit berbicara tetapi yang dikatakan berkualitas serta sinkron antara lisan, hati, dan sikap. Kita tidak perlu risau dengan perkataan orang lain terhadap kita. Yang berbahaya sesungguhnya adalah ketika kita ghibah terhadap orang lain, menghina orang lain, menjelek-jelekkan orang lain, bukan sebaliknya.

Berbicara adalah perkara keridhoan dan kemurkaan Allah. Kita benar-benar harus menjaga mulut kita, berpikir sebelum, saat, dan setelah kita berucap. Jangan sampai hal ‘ringan’ seperti mengobrol mengikis amalan kita yang memang hanya sedikit. Orang-orang yang terjaga lisannya niscaya adalah orang-orang yang dekat kepada surga. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus