Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, July 25, 2010

MQ Pagi 25 Juli 2010

Sunday, July 25, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Alur taubat yang sungguh-sungguh

Ringkasan Materi:
Tidak ada manusia yang bersih dari dosa. Dosa merupakan pengkhianatan atas perintah Allah sehingga bukan sesuatu yang bisa kita banggakan. Namun sebesar apapun dosa, ada yang lebih besar lagi yaitu ampunan Allah yang dapat dicapai melalui taubat yang sungguh-sungguh. Hari-hari kita terdiri dari masa lalu, hari ini, dan masa yang akan datang.

Hari-hari yang telah lalu pastilah banyak terisi oleh dosa, khilaf, kesalahan, bahkan kegelapan. Namun kita harus selalu tetap bersikap raja’ (berharap) atas ampunan Allah dan menghindari sikap suudzan padaNya.

Taubat arti katanya kembali, dengan esensi terbesar PENYESALAN atas dosa yang telah dilakukan. Semakin dalam rasa penyesalan kita maka semakin berkualitas pula taubat yang kita lakukan. Karena kita tidak akan menyesal jika tidak merasa bersalah sehingga kadar penyesalan itu menjadi ukuran seberapa besar kita merasa bersalah. Orang yang “bertaubat” tanpa merasa bersalah ibarat membersihkan karat hanya dengan mengusapnya dan bukan menggosoknya. Bisa jadi karat itu malah akan bertambah banyak.

Setelah menyesal dengan dalam dan sungguh-sungguh, alur taubat yang berikutnya adalah mengevaluasi jalur-jalur dosa. Melalui tafakur, kita dapat mengidentifikasi penyebab dosa-dosa yang kita perbuat. Taubat yang lengkap tidak cukup dengan istighfar, apalagi yang hanya di mulut, namun perlu dilengkapi tafakur atas celah-celah diri. Tahap terakhir dari sebuah taubat adalah mengambil tindakan perbaikan atas penyebab dosa yang telah diidentifikasi.

Jadi alur taubat sungguh-sungguh dimulai dari penyesalan yang mendalam atas dosa dan kesalahan, dilanjutkan tafakur atas jalur dan struktur penyebab dosa tersebut, ditutup dengan tindakan perbaikan atas penyebab-penyebab dosa.

Sesungguhnya inilah bentuk taubat yang sebenarnya karena dapat menghindarkan diri sendiri dan orang lain terperosok dalam kesalahan dan dosa yang sama. Allah menjanjikan orang yang banyak bertaubat dengan sungguh-sungguh akan dinyamankan hatinya, dibimbing jalan keluar atas masalah-masalahnya, dan diberi pertolongan atau rezeki dari arah yang tidak diduga-duga.

Semoga kita tergolong dalam kelompok orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh....(dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus