Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Saturday, May 15, 2010

MQ Pagi 15 Mei 2010

Saturday, May 15, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Al Ghaffar, sifat Allah penyelamat kredibilitas & keindahan kita di mata makhluk

Ringkasan Materi:
Sebagai makhluk tentulah kita jauh dari kesempurnaan & keindahan yang hakiki. Apa yang tampak baik dan indah di luar sesungguhnya adalah perlindungan dan pemberian dari Allah semata. Oleh karena itu, menjadi pribadi yang berani mencari tau dan mengakui kekurangan diri sendiri, senantiasa memohon ampun pada Allah, serta meminta maaf pada sesama adalah hal yang seharusnya selalu kita lakukan.

Salah satu sifat Allah dalam asmaul husna yang membuat kita makhluknya terlihat dan tampak baik adalah Al Ghaffar (yang maha menutupi). Al Ghaffar diambil dari kata ghafara yang artinya menutup ; ulama mengartikannya sebagai Allah yang menampakkan keindahan dan menutupi keburukan makhluknya. Allah menutupi beberapa hal melalui sifatnya ini, yaitu :
  1. menutupi jasad/jasmani makhluk yang tidak sedap dipandang mata, ditutupi dengan keindahan lahiriah. Allah menutup tengkorak yang membentuk tubuh dengan daging dan kulit sehingga terlihat indah. Begitu juga hal-hal kecil seperti kelopak mata yang membuat penampilan menjadi indah dan terhidarkan dari penampilan yang seram.
  2. menutupi lintasan hati dan lintasan pikiran makhluknya dari makhluk yang lain. Jika Allah tidak menutupi lintasan hati kita, mungkin akan banyak masalah yang timbul. Pikiran menilai buruk, meremehkan, sombong, dengki semua ditutupi Allah dari pengetahuan orang lain. Orang-orang yang rajin membersihkan hatinya akan peka terhadap tutur kata, gerak gerik, dan nada suara orang lain karena semua itu mencerminkan lintasan hati.
  3. menutupi pengalaman buruk, trauma masa lalu, dan ketidakenakan. Hidup kita menjadi lebih nyaman ketika Allah menutupi trauma-trauma masa lalu dengan cara kita membuat kita melupakannya.
  4. menutupi aib, dosa, dan maksiat, kekurangan, serta kebodohan yang kita perbuat. Dengan karunia Allah ini, orang-orang yang terdekat dengan kita pun tidak tahu bagaimana sebenarnya diri kita.
Sungguh mendamaikan hati mengenali Allah sebagai Al Ghaffar. Segala keindahan dan kebaikan yang menempel pada diri kita sesungguhnya adalah kemurahan Allah sehingga tugas kita adalah jujur pada diri sendiri dan banyak bertaubat. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus