Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Saturday, May 29, 2010

MQ Pagi 29 Mei 2010

Saturday, May 29, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Hindari banyak mengeluh

Ringkasan Materi:

Setiap hari, tak terhindarkan, kita akan mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan. Sebagai respons atas peristiwa tersebut, kita seringkali terpancing untuk mengeluh, curhat kepada orang di sekitar kita, dan kalau sudah begitu ada kecenderungan untuk mendramatisir keadaan, sejengkal menjadi sedepa, yang kecil menjadi besar atau yang biasa menjadi luar biasa.

Disetiap ujian hidup yang ada, bila hati kita hanya bergantung kepada Allah, semua hal akan menjadi terasa ringan untuk dilewati. Bagi yang tidak sabar, maka boleh jadi hatinya akan berpaling kepada selain Allah, hal ini akan mengakibatkan seseorang cenderung untuk mencari perhatian dan menceritakan segala sesuatu kepada orang lain. Orang ini beranggapan bahwa dengan membagi setiap permasalahan yang ada akan membuat masalah menjadi ringan, padahal tidak. Kalau memang ingin membagi permasalahan yang sedang kita hadapi, cukuplah hanya kepada Allah yang berkuasa atas segala sesuatu.

Bertukar pikiran boleh-boleh saja, tetapi perhatikan dengan lebih teliti, apakah diskusi yang kita lakukan benar-benar untuk mencari solusi atau malah lebih kepada membeberkan dan mengeluhkan penderitaan saja.

Kita harus memiliki kemampuan untuk menahan diri dari kebiasaan mengeluh, apalagi sambil mendramatisir masalah. Tidak masalah kita menangis, itu wajar, tetapi jika dilakukan berlebihan, apa beda kita yang sudah dewasa dengan anak kecil??

Sahabat, hindarilah sikap-sikap yang penuh keluhan dan dramatisasi masalah. Salurkanlah segala peristiwa yang tidak menyenangkan itu dengan berdialog kepada Allah. Curhat kepada Sang Penguasa Kejadian. Menangislah bukan karena kejadiannya, melainkan karena ketidakberdayaan kita tanpa pertolongan Allah. (dicopas dari sini dengan beberapa tambahan)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus