Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Tuesday, May 18, 2010

MQ Pagi 18 Mei 2010

Tuesday, May 18, 2010
Sesi I
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Hikmah Menerima Nasihat dengan Tulus

Ringkasan Materi:
"Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi". "Kecuali orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan, dan saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran". (Q.S Al Ashr ayat 2-3)

Apabila kita ingn menjadi orang yang beruntung, setiap hari kita harus menambah keimanan. Tentunya umur semakin bertambah, semakin tua maka seharusnya semakin ahli mendengarkan nasehat. Sebab penasehat yang baik adalah yang mampu menerima nasehat dengan baik. Bagi para orang tua yang ingin mendidik anaknya dengan baik, harus belajar menerima pendapat, nasehat, dan koreksi karena kita banyak kekurangan. Dengan menyadari diri banyak kelemahan maka akan membuat kita selalu rendah hati.

Terkadang beberapa manusia itu aneh, suka memberi nasihat tetapi apabila dinasehati tidak terima. Padahal setiap hari dalam sholat kita selalu membaca Al Fatihah, yang manna maknanya adalah untuk meminta petunjuk pada Allah jalan yang lurus. Allah akan mengabulkan permintaan kita dengan berbagai cara. Bisa melalui guru, orang lain, anak, atau kejadian-kejadian sekalipun itu kecil bentuknya. Tetapi mengapa kita sering tidak menyadarinya.

Agar kita bisa menjadi orang yang baik menerima nasihat, kita harus meyakini bahwa kita sangat membutuhkan nasihat baik itu ilmu kehidupan maupun ilmu agama. Serta untuk dapat memperoleh nasihat tersebut tidak hanya dengan berdiam diri saja, tetapi kita harus mencari nasihat. Nasihat yang diperoleh pun tidak selamanya akan cocok dengan kemauan kita, ada yang penyampaiannya kurang berkenan di hati. Kembalikan semuanya pada Allah, terima dengan tulus, tidak membiasakan menyerang, menjawab dan memberikan alasan, karena hal tersebut akan merugikan diri sendiri, orang tidak akan mau menasehati lagi.

Dengan nasihat kita dapat memperbaiki kekurangan diri. Maka, apapun bentuk nasihat yang kita terima harus disyukuri. Sesungguhnya manusia yang beruntung adalah manusia yang setiap hari berubah menjadi lebih baik, iman bertambah, bisa menerima nasihat dengan baik dan memberi nasihat yang baik. Kita tidak akan dapat memperbaiki orang, jika kita tidak bisa memperbaiki diri sendiri. Syukuri nasihat yang kita terima sebagai karunia Allah swt. (dicopas dari sini)

Sesi II
Pemateri: Ustadz Hilman Rosyad Shihab
Materi: Hikmah Menerima Nasihat dengan Tulus

Ringkasan Materi:
Di kesempatan yang lalu kita telah membahas tentang kesucian dan keharaman bulan rajab, karena pada bulan itu terdapat peristiwa isra' dan mi'raj. Ini adalah hal istimewa karena pada saat ini ditetapkan sholat fardhu 5(lima) waktu yang menjadi kewajiban umat Islam. Tidak seperti agama lain yang tidak terlalu menampakkan ritual ibadahnya, Islam adalah agama yang selalu menampakkan simbol-simbol keberagamaan setiap hari, mulai dari sholat, adzan, penggunaan jilbab, sampai pemilihan makanan yang halal dan haram.

Sholat adalah ibadah yang dikhususkan syariatnya dan dilakukan terus-menerus oleh kaum muslim, maka dari itu hendaknya kualitas sholat kita dari hari ke hari menjadi semakin baik, mulai dari niat, tata cara, dan kekhusyuan-nya.
“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ di dalam shalat mereka.” (QS. Al-Mu’minuun: 1-2)
Memelihara kekhusyuan adalah sesuatu yang harus kita lakukan dan maksimalkan. Ada 3(tiga) hal yang perlu diperhatikan agar kekhusyuan dapat terjaga:
  1. Perbanyak/kuasai ilmu sholat, karena sholat bukan ibadah yang menuntut inovasi, sudah baku.
  2. Kita harus dapat mempersiapkan diri secara maksimal disaat hendak melakukan sholat.
  3. Warnai kehidupan kita dengan sholat, maksudnya setiap nilai yang ada dalam ibadah sholat seyogyanya diterapkan secara penuh dalam kehidupan.
Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini.

blog comments powered by Disqus