Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Thursday, May 20, 2010

MQ Pagi 19 Mei 2010

Thursday, May 20, 2010
Pemateri: Ummu Yusuf
Materi: Nusyuz dalam Kehidupan Berkeluarga

Ringkasan Materi:
Nusyuz secara bahasa memiliki makna jika seseorang merasa memiliki posisi lebih terhormat/tinggi dari orang lain. Dalam arti yang lebih luas, nusyuz dapat diartikan sebagai melakukan kesalahan dan keluar dari hukum syariat atau seseorang yang tidak taat, dalam kehidupan berkeluarga nusyuz adalah ketidaktaatan seorang istri terhadap suami atau sebaliknya pelanggaran suami terhadap istri.

Dalam Q.S An-Nisa (4) ayat 34 dikatakan bahwa ketika seorang istri dikhawatirkan nusyuznya maka suaminya wajib untuk memberikan nasehat, memisahkan diri dari tempat tidur, kemudian suami juga berhak untuk memukul semata-mata agar istri taat terhadap suami. Sedangkan nusyuz seorang suami juga dijelaskan dalam Q.S An-Nisa (4) ayat 128 dimana sesungguhnya perdamaian adalah yang lebih baik dari mereka. Sementara itu nusyuz yang terjadi pada suami istri, dalam Q.S An-Nisa (4) ayat 35 dikatakan bahwa sebaiknya ada seorang hakim baik dari sisi suami dan istri sebagai penengah di antara keduanya.

Bentuk dari nusyuz bisa dari perkataan maupun perbuatan. Nusyuz yang terjadi pada istri dalam bentuk perkataan antara lain adalah mengomel dan meninggikan suara di hadapan suami. Sedangkan nusyuz dalam bentuk perbuatan yang dilakukan oleh istri diantaranya adalah menolak diajak bergaul, keluar tanpa ijin suami dan bermanja-manja dengan orang lain selain suami.

Dari sisi suami, contoh nusyuz yang terjadi pada suami dalam bentuk perkataan diantaranya adalah suami mendiamkan istrinya, memalingkan muka di depan istri dan mengungkit keburukan istri di depan orang lain. Sedangkan contoh nusyuz bentuk perbuatan diantaranya adalah suami tidak memenuhi kebutuhan materi & biologis dari istri.

Nusyuz yang terjadi pada suami maupun istri banyak penyebabnya. Nusyuz bisa berasal dari istri karena kurangnya ilmu sehingga tidak mengetahui hak dan kewajiban seorang istri kepada suami atau juga karena pengaruh pergaulan. Nusyuz yang terjadi pada istri juga bisa berasal dari nusyuz yang dilakukan oleh suaminya terlebih dahulu sehingga mengakibatkan nusyuz pada istri.

Setiap masalah insyaAllah ada solusinya. Solusi atas nusyuz ini harus diawali dengan niat yang benar. Dari kedua pihak diharapkan jangan tergesa-gesa berpikir untuk berpisah karena sesungguhnya Allah SWT sangat benci dengan perceraian. Dalam menghadapi nusyuz ini, hendaknya kedua pihak melihatnya jangan dengan hawa nafsu. Berbicaralah dengan kata-kata yang baik dan komunikasikan atas setiap masalah kepada pasangannya dengan mencari akar dari masalah tersebut karena sesungguhnya komunikasi yang baik antara suami istri adalah kunci utama dalam kehidupan berkeluarga. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini.

blog comments powered by Disqus