Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Thursday, April 8, 2010

MQ Pagi 08 April 2010

Thursday, April 8, 2010
Pemateri: KH DR. Miftah Farid
Materi: Menjadi muslim yang berakhlak baik

Pengantar oleh KH Abdullah Gymnastiar:
Hati-hatilah saat mengenang dan membicarakan masa lalu kita, jangan terlalu bangga dengan pencapaian yang telah kita raih, boleh jadi pada kejadian itu ada sebuah dosa tersembunyi yang tidak kita sadari dan luput dari pengamatan kita. Pada saat mendapat pujian, periksa lagi, apakah kita memang pantas dan layak untuk dipuji? Ketika kita memperoleh jabatan baru yang lebih tinggi, periksa, apakah kita layak mendapatkannya? Apakah semua hal yang kita lakukan adalah buah dari kerja keras kita semata? apakah proses yang kita lalui sudah sesuai dengan syariat Allah?

Allah Maha Tahu tentang diri kita, DIA sangat tahu segala perilaku kita. Jangan sampai semua 'kenikmatan' ini kita sikapi dengan salah, pujian dan pencapaian yang ada malah semakin mempertebal hijab kita, jangan sampai hidup ini penuh dengan rekayasa dan kemunafikan, sehingga secara perlahan kita bangga terhadap dosa yang kita lakukan hanya karena tertutupi pujian makhluk. Periksa dengan sebenar-benarnya. Sungguh, perbanyaklah bertaubat, periksa dan periksa.

Ringkasan Materi:
Dosa memang harus disikapi dengan penyesalan, ditinggalkan, tidak ulang, bahkan dipertontonkan. Janganlah merasa bangga dengan dosa yang telah kita lakukan.

Dewasa ini, umat muslim sepertinya melupakan pelajaran penting dalam ajaran islam yaitu memberi kesenangan kepada orang lain. Muslim itu semestinya ramah, sopan, santun, mudah menyampaikan terima kasih, dan mudah meminta maaf. Ini adalah ajaran yang sepele, tapi banyak orang yang malu untuk melakukannya.
"Sedikitpun janganlah engkau menganggap remeh perbuatan baik, meskipun ketika berjumpa dengan saudaramu engkau menampakkan wajah ceria" (HR. Muslim)
Saat berada dijalan dan melihat ada gangguan, janganlah mudah mencaci maki, bersingkap angkuh, arogan dan bermuka masam. Maafkanlah mereka, buat orang lain senang karena ini juga merupakan sedekah.

Tampakkan sikap yang baik. Oleh karena itu, jangan mudah marah dan jangan membuat perilaku yang akan membuat orang marah, jangan menggunjing dan jangan membuat perilaku yang menyebabkan orang lain menggunjing, jangan memfitnah dan jangan berbuat sesuatu yang menyebabkan datangnya fitnah.

Muslim harus mempunyai pribadi yang suka menolong orang lain, tangguh menghadapi tantangan dan ujian, tidak sensitif dan mudah marah. Lihatlah Rasulullah saw, sosok yang toleran, pemaaf, penyabar, dan santun baik terhadap muslim maupun non muslim.

Mari, bersama-sama membangun keakraban dan persaudaraan, jangan mempersulit diri dan orang lain. Mudahkan. Semoga Allah selalu membimbing kita.

Wallaahu a’lam bish-shawaab

blog comments powered by Disqus