Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Tuesday, April 13, 2010

MQ Pagi 13 April 2010

Tuesday, April 13, 2010
Sesi II
Pemateri: Ustadz Hilman Rosyad Shihab
Materi: Al Baqarah - 186

Ringkasan Materi:
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran" (QS. Al Baqarah: 186)
Menurut Ibnul Jauzi dalam tafsirnya ada beberapa yang menjadi sebab turunnya ayat ini, antara lain:
  1. Seorang arab badui mendatangi Rasulullah saw kemudian berkata: Apakah Rabb kita dekat sehingga kita bermunajat (berbisik) dengan-Nya ataukah jauh sehingga kita menyeru-Nya?
  2. Yahudi Madinah berkata: Wahai Muhammad! Bagaimana Rabb kita mendengar doa kita sedangkan engkau menganggap antara kita dan langit berjarak perjalanan 500 tahun?
  3. Sahabat-sahabat berkata: Wahai Rasulullah! Seandainya kita mengetahui kapan waktu yang paling disukai Allah untuk kita berdoa dengan doa kami.
  4. Sahabat-sahabat bertanya kepada Rasulullah saw: Di mana Allah?
Dari ayat diatas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu
  • bahwa, ibadah yang kita lakukan akan membuat kita semakin dekat dengan Allah
  • kedekatan kita kepadaNYA akan membuat Allah senang dan cinta kepada kita, sehingga membuat Allah berkenan mengabulkan doa-doa kita
  • bahwa, orang yang dekat dengan Allah akan semakin yakin akan kebesaran Allah sehingga hidup mereka digunakan untuk mendapatkan ridha Allah, mematuhi segala perintah Allah, dan senantiasa memperoleh petunjuk dari Allah.
Wallaahu a’lam bish-shawaab

catatan admin: untuk hari ini saya terlambat mengikuti sesi I, sehingga hanya bisa mentranskip sesi ke II saja (dengan beberapa tambahan yang saya kira perlu disertakan). Mohon maaf atas keterbatasannya.

blog comments powered by Disqus