Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, April 25, 2010

MQ Pagi 25 April 2010

Sunday, April 25, 2010
Materi: Hikmah dan Tips Perjalanan dari Aa Gym

Ringkasan Materi:
Sebagian dari kita sering melakukan perjalanan. Seringkali perjalanan ini, apalagi jika perjalanan tersebut jauh, hanya menjadi sesuatu yang melelahkan tanpa hikmah yang berarti. Perjalanan yang kita lakukan sangat bergantung pada kita yang mau membawa kemana perjalanan tersebut, apakah sekedar perjalanan atau menjadi sesuatu yang lebih berharga. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan ketika kita sedang melakukan perjalanan :

1.TAFAKUR ; manfaatkan momen perjalanan untuk tafakur dengan mengingat dosa-dosa yang kita lakukan. Baik dosa pada orangtua, anak-anak, ataupun yang lain. Tafakur juga dapat dilakukan dengan lebih banyak mensyukuri hal-hal yang kita miliki. Hal-hal ini akan menumbuhkan ketenangan dan ketentraman dalam hati.

2.HINDARI MAKSIAT ; Selama dalam perjalanan, berusahalah untuk menghindari kemaksiatan sekecil apapun baik dalam pikiran, obrolan, ataupun pendengaran. Jagalah mata dari hal-hal yang haram dan jauhkan pendengaran dari hal-hal yang sia-sia. Mungkin bisa diganti dengan murattal, ceramah, ataupun nasyid yang membuat kita senantiasa ingat pada Allah.

3.USAHAKAN BERWUDHU DAN MENJAGANYA. Ketika perjalanan, sebaiknya kita dalam keadaan berwudhu dan berusaha menjaganya. Keuntungannya, jika tiba waktu shalat, kita tinggal shalat saja tanpa terlalu pusing mencari air. Selain itu kegigihan menjaga kesucian tentu menjadi nilai tersendiri sehingga jika sewaktu-waktu kita meninggal, kita bisa wafat dalam keadaan memiliki wudhu.

4.BAWA SELALU PERLENGKAPAN IBADAH. Ini penting karena tidak selalu kita bepergian ke tempat-tempat yang masyarakatnya mayoritas muslim. Kalau perlengkapan ibadah kita lengkap, kita tidak perlu bergantung pada peralatan ibadah di tempat ibadah umum.

5. MENJAGA SHALAT DIMANAPUN BERADA. Walaupun dalam perjalanan terdapat ruqshah (keringanan), kita harus mengusahakan agar tetap menjaga shalat dimanapun berada. Jika memungkinkan shalat tepat waktu, maka shalatlah. Yang terpenting sekuat tenaga menjaga shalat.

6.JAUHI BERKELUH KESAH TENTANG PERJALANAN. Berkeluh kesah dan membahas hal-hal yang tidak enak mengenai perjalanan termasuk dalam perbuatan sia-sia yang hanya mengundang kesengsaraan tanpa mengurangi beban perjalanan tersebut.

7.PERBANYAK DZIKIR. Jika kita ingin tidur, maka dahuluilah dengan dzikir. Dzikir ini bisa dengan membaca istighfar, tadabbur quran, ataupun wirid lainnya.

8.PERBANYAK BERDOA. Salah satu orang yang doanya mustajab adalah orang yang dalam perjalanan (musafar). Maka manfaatkan waktu perjalanan dengan mengirim doa untuk diri kita sendiri maupun orang-orang lain tanpa perlu menceritakannya karena sebaik-baik doa adalah yang tidak diketahui orang lain.

Mari kita meluruskan niat dalam perjalanan dan ingatlah bahwa kita tidak pernah sendiri karena ada Allah yang selalu bersama kita.

di copas dari sini

blog comments powered by Disqus