Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Tuesday, April 20, 2010

MQ Pagi 21 April 2010

Tuesday, April 20, 2010
Sesi I
Pemateri: Ummu Yusuf
Materi: Berumah tangga dengan bahagia

Ringkasan Materi:
Tentang rumah tangga Rasul saw bersabda "Rumahku Surgaku" "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya, dan aku (terhadap) keluargaku adalah orang yang terbaik diantara kalian" (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Baihaqi) "Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan diminta pertanggungjawaban tentang orang yang dipimpin. Imam bertanggungjawab akan rakyatnya, seorang suami adalah pemimpin rumah tangga dan bertanggung-jawab akan orang-orang yang dipimpinnya, seorang istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan bertanggung-jawab akan keluarganya, khadim/pelayan adalah pemimpin terhadap harta tuannya dan bertanggung-jawab tentang apa yang ia kelola, setiap kalian adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung-jawaban akan kepemimpinannya" (HR. Bukhari). Rumah tangga adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan supaya tetap dalam koridor agama.

Din Islam diturunkan untuk membahagiakan hamba-hamba Allah, dan pernikahan adalah bagian dari menjalankan din islam. Tetapi, seringkali kebahagiaan ini hanya dirasakan di awal pernikahan saja. Bila hal ini terjadi maka boleh jadi ada yang salah dalam cara kita berumah tangga, ini harus diperbaiki.

Lihatlah kehidupan Rasul saw, meskipun ditimpa berbagai masalah, pernikahan beliau tetap bahagia. Rasul saw mengajarkan kepada kita untuk mengikat pernikahan dibawah ketaatan pada Allah, menjadikan segala sesuatu sebagai bagian dari ibadah kepada Allah, ikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan Allah, ini membutuhkan keikhlasan yang sangat besar.

Berikut beberapa hal yang mungkin dapat diterapkan agar kehidupan berumah tangga menjadi sakidah, mawaddah, warohmah:
  1. Laksanakan hak dan kewajiban suami-istri sesuai dengan aturan Allah, patuhi aturan ini sesuai dengan pemahamaan para sahabat Rasul saw sehingga tidak ada pihak yang terdzolimi
  2. Bangun rumah tangga dengan ilmu dan nasehat, kewajiban ini ada pada suami, suami juga harus bisa mendidik istri untuk berilmu baik secara langsung ataupun tidak langsung(mengijinkan istri untuk mengikuti majelis ilmu). Hal ini perlu, karena permasalahan akan terus bertambah tiap tahunnya, ini butuh ilmu yang juga harus bertambah
  3. Tumbuhkan akhlak yang baik, laki-laki tidak boleh terlalu sering melihat wanita - begitu pula sebaliknya
  4. Jaga kehormatan diri dengan baik
  5. Menumbuhkan kata saling dalam konteks positif (saling memahami, saling mencintai, saling membantu, dlsb)
  6. Mampu menahan diri untuk tidak marah dan saling memaafkan
Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus