Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Tuesday, April 27, 2010

MQ Pagi 27 April 2010

Tuesday, April 27, 2010
Sesi I
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Ujian Nasional

Ringkasan Materi:
Hari kemarin, salah satu episode hidup adalah pengumuman kelulusan. Banyak yang menyangka, ujian ini hanyalah kepada murid, padahal episode ini kena ke murid, guru, orang tua dan keluarganya. Banyak yang menyangka, ujian itu cuman soal menjawab pertanyaan saja, padahal ada yang lain, diantaranya: ujian kejujuran, ketawadhuan, dan kesombongan.

Jadi, ujian nasional sebaiknya tidak diukur hanya dari kepentingan pribadi dan negara, tetapi juga dari kepentingan iman. Karena memang rata-rata orang menghadapi ujian ini, bagi yang ditakdirkan lulus, hati-hati, karena itu belum selesai. Sebab, bila muncul perasaan bangga karena merasa kelulusan ini terjadi atas usaha dia semata adalah tanda bahwa tidak lulus ujian kesombongan.

Kelulusan bukanlah tanda kemuliaan dan kehebatan, apalagi sebab masuk surga. Ini adalah ujian hidup semata, sikapi dengan tawadhu. Jangan juga lupakan prosesnya, berterima kasihlah kepada orang-orang yang telah membantu kita untuk bisa melewati episode ini dengan baik. Tafakuri kejadian ini apakah kita lulus benar-benar dengan jujur? kalau memang dirasa ada beberapa hal yang nyontek, segera bertaubat, dan jangan pernah diulangi lagi.

Bagi yang tidak lulus, ini adalah takdir, yang bisa jadi takdir ini diundang karena kelalaian dan kemalasan. Atau bagi yang sudah sungguh-sungguh belajar Allah memberi ujian ketidaklulusan seperti ini. Jangan panik, jangan dengki. Bagi orang tua juga demikan, jangan sampai menekan anak dan menyalahkan orang lain karena ketidaklulusan ini.

Sesi II
Pemateri: Ustadz Edi Abu Marwa
Materi: Hadapi dengan sabar dan sholat

Ringkasan Materi:
Tadi Aa' menyampaikan tentang ujian nasional. Mudah-mudahan mereka yang menjalani diberikan yang terbaik oleh Allah swt. Hidup memang penuh dengan ujian.
Allah berfirman: "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Al Baqarah: 155-157)
Maka dari itu hadapi ujian yang ada dengan sabar dan sholat, karena ini adalah penyebab dari datangnya petunjuk Allah.

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus