Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, April 11, 2010

MQ Pagi 12 April 2010

Sunday, April 11, 2010
Sesi I
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Berbicara benar dan manfaat

Ringkasan Materi:
Sentosa datang jika kita yakin dan patuh pada Allah, kita harus sadar bahwa hati bersih adalah aset yang tidak tenilai. Salah satu upaya agar hati senantiasa bersih tidak bernoda adalah dengan melakukan tafakur (berfikir, memikirkan atau merenungkan), tafakuri setiap hal yang telah dan akan kita lakukan.

Saat memikirkan sesuatu, tanyakan pada hati kita, apakah hal ini perlu saya pikirkan? apakah pikiran ini akan membersihkan hati atau malah akan mengotorinya? apakah pikiran ini bermanfaat bagi dunia - akhirat? Kalau tidak bermanfaat, segera hentikan, alihkan pikiran ke hal yang lebih bermanfaat seperti dzikir dan istighfar

Saat akan berkata-kata, pikirkan dengan sungguh-sungguh, apakah perkataan ini harus keluar? dapatkah ucapan ini mensolusikan masalah yang sedang terjadi? ada manfaatkah perkataan ini bagi kita dan orang lain? Jaga lidah kita, tidak usah iseng dalam berkata dan berkomentar

"Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar" (QS. An Nisa: 114)

Diriwayatkan dalam Muwatha Imam Malik dan Kitab At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Bilal bin Al-Harits Al-Muzni bahwa Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya seseorang laki-laki mengatakan sebuah kalimat yang diridhai Allah dan ia tidak menyadarinya sampai di tempatnya, ternyata dengan kalimat itu Allah menuliskan keridhaan-Nya hingga hari Dia bertemu dengannya. Sesungguhnya seorang laki-laki mengatakan suatu kalimat yang dimurkai Allah dan ia tidak menyadarinya sampai ditempatnya, ternyata karena kalimat tersebut Allah menulis kemurkaan-Nya hingga hari Dia bertemu dengannya."

Kita sering kali hanya berhati-hati terhadap perkataan dan perbuatan orang lain karena menganggap hal itu dapat membahayakan. Padahal, segala sesuatu terjadi atas ijin Allah semata. Mulailah berhati-hati segala perbuatan dan perilaku kita sendiri, karena hal ini juga berdampak pada kehidupan kita.

Insya Allah, dengan seringnya kita bertafakur maka suara hati yang selama ini tidak terdengar karena tertutup oleh dosa akan muncul dan terdengar.

Wallaahu a’lam bish-shawaab

blog comments powered by Disqus