Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Thursday, June 24, 2010

MQ 24 Juni 2010

Thursday, June 24, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Tafakur bila hati resah

Ringkasan Materi:
Apabila hati resah dan tidak tenang, sumber kegelisahan tersebut adalah dari diri kita sendiri. Inti terbesarnya adalah karena kita tidak berharap pada Allah, tidak menyandarkan diri pada Allah, tetapi lebih berharap pada manusia. Tidak pantas hati ini bersandar pada makhluk ciptaan-Nya, karena seluruh nikmat yang telah kita peroleh datangnya hanya dari Allah. Allah sudah berfirman sebagai berikut:
“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan”. (QS. An-Nahl: 53)
Kunci agar kita dapat menjadi manusia yang menggantungkan diri pada Allah adalah dengan memiliki keyakinan yang kokoh pada Allah, bahwa semua karunia datangnya hanya dari Allah. Sebagai contoh, nikmat keinginan beribadah dan bersedekah, jangan sampai kita merasa bahwa kebaikan itu bersumber dari kita. Niat, harta , dan ladang untuk bersedekah telah disiapkan Allah agar kita dapat bersedekah, semua sesungguhnya hanya datang dari Allah. Jangan pernah merasa diri sudah membuat kebaikan. Mari kita periksa kembali sesungguhnya kita berbuat baik untuk apa, apakah karena ingin mendapat penilaian makhluk, ingin dipuji, ingin dilihat baik, ingin dihormati, dsb, sesungguhnya hal itu yang membuat kita gelisah. Allah maha tahu apa yang ada dalam hati, karena Dia adalah penguasa alam semesta, dan maha membolak-balikkan hati. Apabila Allah ridho pada kita maka hati ini akan dibuat nyaman.

Masalah kedua pada hati yang gelisah adalah karena dosa. Kegelisahan datang dari dosa. Maka periksa apakah dosa yang telah kita lakukan. Sebaik-baik manusia pasti memiliki dosa, maka segerakan bertaubat, dan Allah lah yang berkuasa akan menolong kita, Allah dapat melihat diri kita yang sebenarnya.

Kegelisahan dan keresahan sesungguhnya bersumber dari diri kita sendiri, maka tafakuri diri setiap saat dan setiap waktu. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus