Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, June 6, 2010

MQ Pagi 05 Juni 2010

Sunday, June 6, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Tak Ada yang Sia-Sia Dalam Ciptaan dan Kehendak Allah


Ringkasan Materi:
Dalam AlQuran Surat Ali Imran ayat 190-191, Allah berfirman yang artinya “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal ; (Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka tetap memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), Ya Tuhan Kami, tidaklah Engkau ciptakan semua ini sia-sia, Mahasuci Engkau, lindungi kami dari azab neraka”.

Dalam ayat ini, Allah jelas-jelas menyebutkan bahwa orang yang disebut dengan ulil albab (orang-orang yang berfikir) adalah orang yang tidak bisa lupa pada Allah. Semua yang didengar, dilihat, dan dirasa mengingatkannya pada Allah dan tidak ada satupun ciptaan Allah yang sia-sia. Begitu pula dalam setiap kejadian, sudah seharusnya setiap kejadian menjadi pengingat kita akan Allah baik kejadian baik maupun buruk menurut kita.

Yang berbahaya dari suatu kejadian adalah ketika kejadian itu menjauhkan kita Allah. Sepanjang suatu kejadian bisa membuat kita dekat dengan Allah, kita bisa menganggapnya sebagai berkah. Oleh karena itu, jadikanlah setiap episode hidup sebagai momentum untuk menjadi lebih dekat kepada Allah.

Lalu apakah gerbang pembuka pintu hikmah?? Jawabnya adalah RIDHA. Harus disadari bahwa ALLAH BERHAK BERBUAT SESUKA ALLAH. Tugas kita sebagai hambaNya adalah bertanya apa dosa kita sehingga Allah menimpakan suatu kejadian, periksa diri kita, dan taubat atas dosa-dosa. Sehingga sikap ridha atas setiap kejadian membawa hikmah pada digiringnya kita untuk semakin dekat dengan Allah.

Setidaknya 2 pemahaman yang membuat kita harus bersikap ridha atas setiap keputusan Allah :
  1. Kesadaran bahwa kita adalah milik Allah dan sepenuhnya milik Nya ; Dengan pemahaman ini kita akan lebih mudah ridha karena memang Allah, sebagai pemilik, berhak melakukan apapun terhadap kita.
  2. Kesadaran bahwa Allah LEBIH SAYANG dan LEBIH TAHU diri kita dibanding kita sayang dan tahu diri kita sendiri ; Melalui pemahaman ini, kita akan ridha karena kita yakin setiap kejadian yang terjadi adalah hadiah dari Allah agar kita kembali dekat denganNya.
(dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

blog comments powered by Disqus