Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Thursday, June 3, 2010

MQ Pagi 03 Juni 2010

Thursday, June 3, 2010
Pemateri: KH DR. Miftah Farid
Materi: Taubat dan Amal Kebaikan sebagai Penghapus Dosa

Ringkasan Materi:
Manusia pada dasarnya dilahirkan dengan sifat yang baik, tidak ada manusia yang berbakat untuk jahat. Namun, lingkungan lah yang membuat manusia berbuat dosa dan khilaf. Setiap kita yang terlanjur berbuat dosa, bersegeralah beristighfar, kemudian menyadari dosa kita dan jangan penah berlarut-larut dalam dosa. Rasulullah SAW berpesan bahwa beristighfarlah secara rutin sehabis shalat. Dari pesan ini, kita dianjurkan untuk menghisab diri kita setiap hari sebelum diri kita dihisab. Sangat beruntung bagi orang-orang yang bisa memeriksa diri kita sendiri dengan kejadian apa pun sehingga bersegera untuk bertaubat.

Amalan baik juga merupakan salah satu cara penghapus dosa dan kesalahan. Contoh amalan baik adalah puasa, infak, shodaqoh atau ibadah lainnya. Setiap musibah yang sedang qt alami, kalau kita hadapi dengan sabar, itu juga sebagai kafarat atau penghapus dosa. Langkah sederhana yang dapat kita lakukan sebagai penghapus dosa, adalah:
  • Beristighfar
  • Berhenti dari melakukan dosa
  • Menyesal atau malu kepada Allah
  • Berjanji atau berikrar untuk tidak mengulangi dosa
  • Dan menjadikan semua amal kebaikan sebagai penghapus dosa
Sesungguhnya tidak ada tindakan yang luput dari penglihatan Allah. Dalam Q.S Al-Isra ayat 36 bahwa tidak ada tempat yang tertutup bagi Allah. Oleh karena itu bersegeralah bertaubat dengan dosa atau khilaf yang dilakukan. Kalau dosa terhadap orang lain, maka taubat yang dilakukan harus diiringi dengan permintaan maaf. Apabila, dosa terkait dengan harta dan kekayaan, maka kita harus mengembalikan dahulu hak mereka, lalu bertaubat. Mudah-mudahan kita tergolong orang-orang yang diterima taubatnya dan selalu terjaga amal kebaikannya. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus