Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Monday, June 14, 2010

MQ Pagi 13 Juni 2010

Monday, June 14, 2010
Pemateri: Ustadz Roni Abdul Fattah
Materi: Jangan sombong

Ringkasan Materi:
Rasulullah saw bersabda, ”Tidak akan masuk surga siapa yang didalam hatinya ada kesombongan walau seberat dzarah. Sombong yaitu menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim).
Sombong merupakan penyakit hati yang berbahaya. Iblis, ketika diperintahkan oleh Allah untuk bersujud kepada Nabi Adam a.s, iblis menolak dengan alasan karena dia merasa lebih baik dari Nabi Adam yang tercipta dari tanah, sedang iblis tercipta dari api.
(Allah) berfirman,"Apakah yang menghalangimu (sehingga) kamu tidak bersujud (kepada Adam) ketika Aku menyuruhmu?" (iblis) menjawab,"Aku lebih baik daripada dia. Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah." (QS. Al A'raf: 12)
Lalu, apakah yang menyebabkan orang sombong:
  1. Ilmu
  2. Keturunan/Nasab
  3. Harta
  4. Popularitas
Allah melarang seseorang bersikap sombong, hal ini tertulis dalam QS. Luqman: 18 yang berbunyi "Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri", dalam hadist qudsi Allah berfirman "Kesombongan adalah selendang-Ku dan keagungan adalah pakaian-Ku. Barangsiapa yang melepas salah satu dari keduanya maka Aku akan melemparkannya ke dalam neraka Jahannam." (Hadits Qudsi Riwayat Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

Materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus