Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, June 20, 2010

MQ Pagi 19 Juni 2010

Sunday, June 20, 2010
Pemateri: Mulyadi Al Fadil
Materi: Memaksimalkan bulan Rajab dalam menjemput Ramadhan

Ringkasan Materi:
Al Quran surat At Taubah ayat 36 menyebutkan “ Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan buni, di antaranya terdapat empat bulan haram. Itulah (ketetapan) afama yang lurus, maka jangan kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu sebagaimana mereka memerangi kamu dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang – orang yang bertakwa”

Salah satu dari 4 bulan haram yang dimaksud dalam ayat diatas adalah bulan rajab yang saat ini sudah kita jalani selama 6 hari. Mengapa bulan Rajab masuk dalam kategori bulan haram,salah satunya adalah karena di bulan ini banyak keutamaannya hingga Rasulullah juga diriwatkan selalu mempergunakan bulan ini semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri menghadapi ramadhan.

Setelah memahami keistimewaan bulan Rajab, kita akan tergerak untuk memanfaatkannya secara maksimal agar dapat menghadapi ramadhan dengan kesiapan yang sempurna baik fisik, mental maupun ketebalan keimanan. Sebuah hadist menyatakan bahwa Rasul sangat senang beribadah di bulan Rajab dan sya’ban padahal antara bulan rajab sampai dengan ramadhan merupakan waktu yang paling sering dilalaikan oleh manusia lainnya.

Untuk mengisi bulan Rajab yang istimewa ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu :

(1) Memperbanyak amaliyah puasa

Puasa dapat dilakukan di 3 hari pertengahan bulan, yaitu pada tanggal 13,14,15. Selain itu dapat juga melatih diri berpuasa dengan memperbanyak berpuasa senin-kamis. Bagi yang sudah terbiasa senin kamis dapat ditingkatkan dengan mecoba berpuasa daud. Dengan berlatih puasa, selain tubuh kita tidak akan terlalu kaget menghadapi puasa sebulan penuh di bulan ramadhan nantinya, tubuh kita juga akan segar dan sehat menyongsong bulan Ramadhan karena seperti kita ketahui berpuasa salah satu cara menyehatkan badan.

(2) Meningkatkan kualitas dan kuantitas qiyamul lail

Di bulan Ramadhan kita dituntut untuk bangun di malam hari untuk sahur. Jika kita tidak membiasakan diri, tentu kegiatan sahur yang meski diperuntukan untuk makan pun menjadi hal yang berat. Untuk itu lakukanlah latihan bangun malam untuk melalukan qiyamul lail agar kita terbiasa. Selain itu juga usahakan meningkatkan kualitas ibadahnya agar membantu menambah keimanan kita, dan kita dapat sampai ke bulan ramadhan dengan kualitas keimanan yang baik.

(3) Mulai berlatih meninggalkan yang tidak bermanfaat dan beralih pada hal-hal yang membawa kemanfaatan bagi diri kita

Ringkasan materi di copy paste dari sini

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus