Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Wednesday, June 2, 2010

MQ Pagi 01 Juni 2010

Wednesday, June 2, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Bagaimana agar ucapan sama dengan hati

Ringkasan Materi:
Allah yang Maha melihat, menatap, Maha mengetahui setiap isi hati hamba-Nya, tidak ada rahasia bagi Allah. Allah tau apa yang ada di dalam lubuk hati terdalam kita, sekalipun mulut berkata lain dengan di hati, niat dihati Allah Maha tahu. sering kita berkata tetapi apa yang ada dalam ucapan berbeda dengan di hati, sebagai contoh kecil ketika kita mengucapkan salam, tanyakan pada diri apakah ketika kita mengucapkannya apakah hati benar-benar juga sedang berdoa. Ketika kita sedang bertanya sesuatu hal kecil untuk menunjukkan perhatian pada orang lain, tanyakan pada diri apakah itu asli dari dalam hati kita, ataukah hanya untuk basa basi saja tidak memakai hati. Ini keanehan sikap kita yang sering tanpa disadari sering dilakukan, mulut ingin kelihatan sempurna tetapi "tidak nyambung" dengan hati.

Tidak jarang kita mengucapkan maaf dan terima kasih, apalagi ketika lebaran. Pada siapa saja kita minta maaf, tapi apakah permohonan maaf tersebut dibarengi dengan rasa menyesal dan memang benar-benar butuh kemaafan, atau hanya ucapan dimulut saja. Hakikat minta maaf sesungguhnya adalah mengakui kesalahan, berharap semua hutang dosa sesama manusia bisa lunas, hidup di dunia ini dengan penuh kemaafan.

Sebagai contoh lain, ketika bertemu anak yatim, ada orang yang sok akrab dan perhatian karena sedang ada orang lain. Ingin dirinya membuat orang kagum, terpesona, berdecak takjub karena kebaikannya. Ini semua sesungunya hanyalah kepalsuankemunafikan dan kebohongan.

Hindari kamuflase, rekayasa, artificial. Tidak apa-apa berbicara seadanya. menjadi sosok yang proporsional saja lebih baik, daripada menyiksa diri sendiri, ingin di"wah" orang, dipuji, dan dianggap lebih. Sesungguhnya kehidupan ingin dinilai orang lebih dari kenyataan akan membuat kita aneh. Keanehan diri membuat kita tidak nyaman, rugi, banyak terluka dan sakit hati.

Tampil apa adanya meskipun belum sempurna akan dapat membersihkan hati. Apabila bersih dari munafik hati akan bersih. Dengan kemunafikan membuat kita lelah dan resah, membuat langkah hidup tidak mantap. Kita harus memiliki program untuk menghindari sifat munafik, lain di mulut lain di hati. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini


blog comments powered by Disqus