Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Thursday, June 3, 2010

MQ Pagi 02 Juni 2010

Thursday, June 3, 2010
Pemateri: Ustadzah Rosyida
Materi: Belajar Sabar dan Tawakal dari Kisah Ummu Habibah R.A

Ringkasan Materi:
Ada banyak kisah shahabiyah yang patut diteladani, salah satunya adalah istri Rasulullah SAW yaitu Ramlah binti Abi Sufyan atau lebih dikenal dengan Ummu Habibah. Ummu Habibah R.A dilahirkan pada 17 tahun sebelum kenabian oleh seorang ibu bernama Sofiah, yang merupakan bibi dari khalifah Ustman bin Affan. Keislaman Ummu Habibah diperoleh bersama suami pertamanya yaitu Ubaidilah pada saat mengatahui kenabian Rasulullah SAW. Untuk menghindari siksaan kaum quraisy saat itu, maka Ummu Habibah beserta suaminya dan orang-orang yang waktu itu baru masuk Islam hijrah ke Habsyah atas perintah Rasulullah SAW.

Namun, kehidupan Ummu Habibah setelah hijrah dipenuhi dengan banyak cobaan, yang diawali dengan murtadnya Ubaidilah kembali memeluk Nasrani. Karena Allah SWT telah berpesan bahwa seorang muslimah tidak boleh menikah dengan non muslim, maka Ummu Habibah memutuskan untuk bercerai. Setelah perceraiannya ini, kehidupan Ummu Habibah mengalami penderitaan, terlebih lagi ayahnya Abu Sufyan yang belum berhijrah ke Islam memaksa Ummu Habibah untuk keluar dari Islam. Namun, Ummu Habibah sangat yakin dengan ayat Al-Qur’an Surat At-Thalaq (65) ayat 2 bahwa barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Ayat ini sangat melekat di diri Ummu Habibah, sehingga buah dari ketawakalannya, datanglah sebuah isyarat lewat mimpi akan dinikahi oleh Rasulullah SAW. Singkat cerita, ternyata benar adanya Rasulullah SAW akan menikahi Ummu Habibah dan pernikahannya adalah pernikahan yang diberkahi Allah SWT. Dalam hidupnya bersama Rasulullah SAW, Ummu Habibah sangat memegang dien yaitu tegas terhadap musuh Islam tapi berlemah lembut kepada sesama muslim.

Dari carita Ummu Habibah ini, ada 3 keutamaan yang bisa diteladani, yaitu:
  1. Ummu Habibah R.A adalah seorang yang sangat tabah dan sabar menghadapi cobaan dengan meyakini ayat-ayat Allah
  2. Ummu Habibah selalu menjadikan Allah sebagai tempat bersandar, tidak ada kekuatan lain selain kekuatan Allah SWT.
  3. Ummu Habibah menjadi istri Rasulullah yang keras terhadap kaum kafir, terutama yang memusuhi Islam
Semoga kaum muslimah bisa meneladani kisah hidup dan ketiga keutamaan dari Ummul Mu’minin Habibah R.A tersebut. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini


blog comments powered by Disqus