Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Sunday, August 8, 2010

MQ Pagi 09 Agustus 2010

Sunday, August 8, 2010
Materi: Mengevaluasi ibadah kita

Ringkasan Materi:
Allah Maha Mengetahui; mana dari sekian hamba-hamba-Nya yang benar-benar tulus mendekatkan diri kepada Tuhan mereka. Hidup ini adalah sesuatu yang penuh warna, kita menghadapi berbagai hal, termasuk juga kepahitan. Hal-hal tidak menyenangkan yang kita alami bisa jadi merupakan balasan atas perbuatan kita sendiri, tetapi bisa juga memang telah ditakdirkan, baik untuk menggugurkan dosa ataupun meningkatkan derajat kita di mata Allah.

Untuk menjalani semua kesulitan dan kepedihan, hendaknya kita selalu berusaha untuk meningkatkan ibadah. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, kita perlu memerhatikan tiga hal, yaitu:

a. Memeriksa niat
Apakah ibadah yang kita lakukan sudah benar-benar ikhlas, bukan karena ingin dikenal sebagai ahli dzikir, orang yang rajin tahajjud; bukan untuk riya’?
b. Merasa lebih dari orang lain yang ibadahnya kurang
Belum tentu orang yang sedikit beribadah lebih buruk dari yang telah banyak melakukan ibadah. Bagi Allah, orang tersebut bisa jadi lebih disukai karena ibadah-ibadahnya yang kecil tetapi dilakukan dengan hati yang murni.
c. Mengecek produktivitas
Grafik ibadah bisa saja menanjak, misalnya dengan tahajjud yang lebih teratur, tetapi kemudian menjadi mengantuk sehingga lalai dari hal-hal lain. Kita harus bisa mengelola diri sebaik mungkin. Kita juga patut terus bercermin kepada Rasulullah SAW. Beliau adalah manusia yang paling produktif, baik dalam beribadah maupun berbuat untuk kemaslahatan umat.

Idealnya, yang kita lakukan sebagai hamba-Nya adalah terus berupaya untuk meningkatkan ibadah, senantiasa membenahi niat, lebih menundukkan hati agar tidak ujub, serta tetap produktif dalam menjalani hari-hari. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaabi

blog comments powered by Disqus