Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Wednesday, August 18, 2010

MQ Pagi 17 Agustus 2010

Wednesday, August 18, 2010
Pemateri: KH Abdullah Gymnastiar
Materi: Hati Sakinah vs Hati Resah

Ringkasan Materi:
Dalam salah satu hadits Rasulullah disebutkan bahwa kebaikan adalah akhlak yang baik sedangkan dosa adalah segala sesuatu yang mengganggu jiwa dan kita tidak senang jika hal tersebut diketahui oleh manusia yang lain. Dalam riwayat yang lain, hadits yang sama diriwayatkan menjadi : jika ingin mengetahui kebaikan, mintakanlah pendapat pada hatimu ; Kebaikan adalah segala sesuatu yang menenangkan jiwa dan hati sedangkan dosa adalah segala sesuatu yang mengganggu jiwa dan menimbulkan keraguan.

Hadits Rasulullah di atas menunjukkan betapa ketentraman hati sangat bergantung pada sikap kita sendiri. Jika kita senantiasa bersikap lurus yang ditandai dengan selalu bersikap dengan niat yang lurus dan melakukan dengan cara yang benar Insya Allah akan dihadiahi hati yang sakinah, tenang, dan mantap. Sebaliknya,jika kita melakukan pekerjaan dengan niat yang riya' dan cara yang salah, hal itu akan diganjar dengan keresahan, penuh keraguan, dan ketidaknyamanan hati.

Orang yang hatinya sakinah ditandai dengan beberapa ciri seperti selalu merasa dekat dengan Allah. Karena orang yang hatinya tenang yakin Allah lebih dekat dari urat nadinya sendiri. Sehingga dimanapun ia berada dan dalam kondisi apapun, ia tidak pernah merasa sendirian melainkan ada Allahyang menemaninya. Ciri yang kedua adalah tidak bersandar pada yang lain selain Allah. Hal ini sekaligus semakin meningkatkan ketentraman hatinya karena orang yang tidak bersandar hatinya pada hal-hal lain selain Allah dijamin akan tenang hatinya.

Jika kita merasa hati kita tidak nyaman, resah, gelisah, dan tidak mantap sebaiknya kita evaluasi diri. Bisa jadi itu semua disebabkan oleh dosa-dosa kita sendiri. Lalu bagaimana tips agar kita memperoleh hati yang sakinah ? Ada 3 cara:
  1. Putuskan harapan dari yang selain Allah
  2. Berbuat hanya hal-hal yang disukai Allah
  3. Perbanyak taubat
Jika kita telah melakukan hal-hal di atas, Insya Allah hati akan semakin bersih dan sensitif karena tidak tebal hijabnya sehingga suaranya bisa dijadikan referensi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi.(dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus