Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Thursday, August 26, 2010

MQ Pagi 26 Agustus 2010

Thursday, August 26, 2010
Pemateri: KH Miftah Farid
Materi: Komitmen terhadap Al Quran


Ringkasan Materi:
Setiap umat muslim pada malam 17 ramadhan pasti memperingati Nuzulul Qur’an. Malam Nuzulul Qur’an adalah malam dimana pertama kalinya Al Qur’an turun, yaitu ketika nabi Muhammad berada di Jabal Nur, malaikat jibril menyampaikan wahyu dari Allah, yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5. Kemudian setelah mendapat wahyu tersebut nabi bercerita kepada istrinya Siti Khadijah, dan beliau mempercayai suaminya. Meskipun warga sekitar menganggap rasul gila, tetapi istri dan para sahabat tetap memberikan dukungannya dan semakin beriman pada Allah.

Singkat cerita, untuk menghadapi sikap masyarakat arab yang mencemooh Rasul, kemudian Allah menurunkan wahyu dengan surat Al Qalam, selanjutnya surat Al Muzammil, dan seterusnya sampai dengan wahyu Allah yang terakhir, yaitu Q.S AL Maidah ayat 3 “Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kalian agama kalian, dan Aku sempurnakan nikmat-Ku atas kalian dan Aku ridha Islam sebagai agama kalian.” Dan ayat tersebut membuat salah satu sahabat menangis, karena dengan turunnya ayat tersebut berarti tidak lama lagi Rasulullah akan berpulang pada Allah.

Tidak lama berselang kurang lebih 80 hari, Nabi wafat. Kemudian untuk menjaga wasiat rasul yang terakhir ini, seluruh ayatnya dikumpulkan, ditulis kembali, dan untuk disusun secara sistematis mengikuti cara rasul. Rasul membaca Al Qur'an bukan dari surat pertama turun (Q.S Al Alaq), tetapi dimulai dari Al Fatihah kemudian surat Al Baqoroh, dan seterusnya, sama seperti susunan Al quran sampai sekarang.

Al Qur'an adalah kekayaan yang sangat berharga umat Islam. Al Qur'an sebagai pedoman hidup umat Nabi Muhammad. Maka sebagai mulim harus memiliki komitmen dengan Al Qur'an. Terdapat 4 bentuk komitmen terhadap AL Quran, yaitu:
  1. Wajib mengimani bahwa Al Quran adalah wahyu Allah
  2. Wajib mengamalkan sebagai pedoman hidup
  3. Wajib mengkaji , mendalami, dan mentadaburi Al Quran
  4. Wajib mendakwahkan Al Quran.
Di bulan ramadhan yang merupakan bulan Al Quran ini, mari kita bangun separuh ramadhan yang tersisa ini dengan semangat tiada hari tanpa Al Quran.(dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini

blog comments powered by Disqus