Live Streaming Aa' gym di USTREAM

Cek terus halaman ini untuk melihat ceramah aa' secara live via ustream. Jadwal live streaming - menyusul, atau kunjungi http://www.ustream.tv/channel/aagym-dt untuk melihat rekamannya.

Kajian Asmaul Husna - tiap Kamis malam pukul 19.30 wib

Live video chat by Ustream

Tuesday, August 31, 2010

MQ Pagi 30 Agustus 2010

Tuesday, August 31, 2010
Pemateri: Ustadz Fachrudin
Materi: Menjaga keistiqomahan setelah bulan ramadhan

Ringkasan Materi:
Bulan Ramadhan adalah syahrul riyadhoh atau bulan latihan. Target dalam bulan Ramadhan ini menjadi orang-orang yang bertakwa. Seandainya kita mengikuti pelatihan, maka berharap akan ada ilmu dan perubahan setelah mengikuti pelatihan.

Begitu pula dalam bulan Ramadhan ini, berharap tidak hanya ilmu namun keimanan kita juga meningkat. Ilmu dan keimanan yang meningkat seiring juga dengan amalan yang meningkat. Rasulullah SAW berpesan dalam hadist nya:
“Amal yang paling disenangi oleh Allah, ialah amal yang terus-menerus dikerjakan, walaupun sedikit” (Bukhori dan Muslim)
Hadist tersebut harus dimaknai secara mendalam dan menyeluruh tidak bisa sebagian. Inilah yang disebut dengan ISTIQOMAH.

Istiqomah diartikan sebagai peningkatan bukan stagnan. Menurut Usman Bin Affan, istiqomah adalah ikhlash dan terus meningkat dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana menjaga amaliah kita setelah bulan Ramadhan?? Ada lima hal yang menjadi pegangan kita agar istiqomah, yaitu:
1. Mu’ahadah, yaitu dengan mengingat janji kita kepada Allah SWT seperti dalam Q.S Al-A’raf (7) ayat 172 yang berbunyi:
“Dan (ingatlah wahai Muhammad) ketika Tuhanmu mengeluarkan zuriat anak-anak Adam (turun-temurun) dari (tulang) belakang mereka, dan Ia jadikan mereka saksi terhadap diri mereka sendiri, (sambil Ia bertanya dengan firmanNya): “Bukankah Aku tuhan kamu?” Mereka semua menjawab: “Benar (Engkaulah Tuhan kami), kami menjadi saksi”. Yang demikian supaya kamu tidak berkata pada hari kiamat kelak: “Sesungguhnya kami adalah lalai (tidak diberi peringatan) tentang (hakikat tauhid) ini”.
2. Mujahadah, yaitu bersungguh-sungguh dalam melakukan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya. Setiap amalan yang kita lakukan hendaknya bersungguh-sungguh dalam meninggikan kalimat Allah.
3. Muhasabah, yaitu menghitung atau mengevaluasi diri dengan apa yang telah dilakukan dan apa yang perlu ditingkatkan di hari esok.
4. Mu’aqobah, yaitu berani memberi sanksi terhadap diri sendiri. Inilah fungsi dari riyadhoh bahwa kita tidak bisa mengabaikan saja amalan yang kita lakukan.
5. Muraqobah, yaitu mengupayakan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Dengan lima hal di atas, semoga keistiqomahan kita, khususnya amaliyah Ramadhan, dapat terus terjaga di sebelas bulan berikutnya. (dicopas dari sini)

Wallaahu a’lam bish-shawaab

materi audio dapat didownload disini


blog comments powered by Disqus